Anjing Tertua di Dunia Bernama Bobi Ini Akhirnya Mati

Abadikini.com, LISBON – Bobi, nama seekor anjing tertua di dunia, akhirnya mati, delapan bulan setelah mencetak rekor baru sebagai anjing tertua yang masih hidup menurut Guinness Book of Records.

Bobi mati di rumah pemiliknya di Portugal pada Sabtu, 21 Oktober 2023 lalu. Bobi merupakan anjing jenis Rafeiro do Alentejo ras murni, yang bertahan 11.478 hari di Bumi, tulis dokter hewannya di media sosial.

Sebelum Bobi menjadi anjing tertua di dunia, rekor tersebut dipegang selama lebih dari satu abad oleh Bluey, seekor anjing asal Australia yang mati pada tahun 1939 dalam usia 29 tahun lima bulan.

Bobi hidup hingga 31 tahun 165 hari, yaitu dua kali lipat umur anjing pada umumnya.

Usianya telah diverifikasi oleh Pemerintah Portugis melalui database hewan peliharaan, yang dikelola oleh Persatuan Dokter Hewan Nasional Portugal.

Leonel Costa, sang pemilik mengatakan, Bobi menjalani kehidupan yang bebas masalah, dan hewan itu tinggal di lingkungan yang tenang dan damai meskipun menjelang akhir masa hidupnya, Bobi mengalami kesulitan dalam berjalan dan penglihatan.

Bobi sempat pingsan pada 2018, ketika hewan itu kesulitan bernapas. Namun Bobi pulih sepenuhnya dan berhasil memperpanjang hidupnya selama setengah dekade.

Bobi tinggal di desa Conqueiros di Portugal, yang terletak sekitar 112 mil tenggara ibu kota negara, Lisbon.

Keluarga Bobi memiliki bakat untuk berumur panjang, induknya bertahan hingga usia 18 tahun dan satu lagi bertahan hingga usia 22 tahun.

Anjing kecil hidup rata-rata 16 tahun, anjing sedang 10-13 tahun, dan anjing besar sekitar 7-8 tahun. Umur ras Bobi rata-rata 10-12 tahun, yang berarti Bobi hidup tiga kali lipat dari umur yang diharapkan untuk jenisnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker