Unggah Meme Zelenskyy, Elon Musk Diolok-olok Parlemen Ukraina

Abadikini.com, KIEV – Parlemen Ukraina mengejek Elon Musk pada Senin setelah miliarder itu mengunggah meme di platform media sosial X miliknya, yang mencemooh Presiden Volodymyr Zelenskyy karena meminta bantuan Barat dalam perang melawan Rusia.

Musk adalah pemilik SpaceX, penyedia jasa komunikasi satelit Starlink yang juga digunakan oleh militer Ukraina. Namun, pernyataannya kadang membuat berang Kiev sejak invasi Rusia pada Februari tahun lalu.

Pada Senin (2/10/2023) waktu setempat, Musk mengunggah meme di X yang menampilkan gambar Zelenskyy dengan keterangan: “Ketika 5 menit berlalu dan Anda belum meminta bantuan satu miliar dolar”.

Zelenskyy dan para pembantunya telah meminta para sekutu Ukraina untuk mengucurkan bantuan militer senilai miliaran dolar untuk menghadapi pasukan Rusia.

Ketua parlemen Ukraina, Ruslan Stefanchuk, menanggapi sindiran Musk dengan unggahannya sendiri di X.

“Maksudnya adalah ketika … (Elon Musk) mencoba menaklukkan ruang angkasa, tetapi ada yang tidak beres dan dalam 5 menit dia sudah terjerumus dalam masalah,” kata Stefanchuk, merujuk pada peluncuran roket SpaceX yang gagal pada April.

Di akun resmi mereka di X, parlemen Ukraina menuduh Musk menyebarkan propaganda Rusia.

Dengan meme versi sendiri, mereka mengunggah gambar Musk dengan keterangan: “Ketika sudah 5 menit dan Anda belum menyebarkan propaganda Rusia”.

Penasihat Zelenskyy, Mykhailo Podolyak, yang pernah mengkritik beberapa pernyataan Musk di masa lalu, mengatakan di X bahwa bersikap diam atau ironis soal Ukraina sama seperti melancarkan propaganda Rusia.

Menurut Podolyak, banyak orang penting di dunia media tidak memahami realitas perang Ukraina yang sebenarnya.

Mereka jauh dari sana sehingga tidak “mampu menyadari apa yang terjadi setiap hari dan teriakan anak-anak yang kehilangan orang tua mereka”, katanya.

Para pejabat Ukraina mengkritik Musk sejak awal perang atas usulannya bahwa Kiev harus mempertimbangkan untuk menyerahkan wilayahnya demi perdamaian, yang ditolak keras oleh Kiev.

Zelenskyy mengunjungi Amerika Serikat pada September dan bertemu sejumlah pejabat tinggi di sana dalam upaya mendapatkan bantuan tambahan.

Akhir pekan kemarin, bantuan untuk Ukraina dihapus dari anggaran belanja sementara yang disetujui Kongres AS untuk menghindari “shutdown” atau penghentian sebagian aktivitas pemerintah AS.

AS telah menjadi donatur tunggal terbesar bagi Ukraina dengan menyumbangkan puluhan miliar dolar bantuan militer dan finansial sejak invasi Rusia.

Sumber: Reuters

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker