Dukung Upaya Kurangi Polusi Udara, Momotor.id dan ALVA adakan EVperience Sosialisasi Motor Listrik

Abadikini.com, JAKARTA – Sebagai upaya mengurangi polusi udara di kota-kota besar di Indonesia melalui sektor transportasi, kendaraan motor listrik merupakan salah satu upaya yang bisa menekan emisi karbon. Untuk itu perlu terus digencarkan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap motor listrik yang ramah lingkungan.

Kemenko Maritim dan Investasi mencatat bahwa polusi udara di DKI Jakarta terkait Particulate Matter (PM2.5) disumbang oleh sektor transportasi, industri  dan PLTU. Saat ini tercatat, ada sekitar 40 juta kendaraan bermotor yang lalu lalang di Ibu Kota Jakarta.

Sebagai upaya sosialisasi akan motor listrik yang ramah lingkungan, momotor.id, situs jual beli motor dari PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) berkolaborasi dengan PT. Ilectra Motor Group perusahaan lifestyle mobility solusion yang hadir melalui merk motor listrik ALVA untuk menyelenggarakan EVperience di Summarecon Mall Kelapa Gading pada 1-3 September 2023. EVperience merupakan inisiasi dari Momotor.id untuk menghadirkan pengalaman test ride dan sosialisasi kendaraan listrik kepada masyarakat khususnya di wilayah Jabodetabek.

Head of Digital Business Adira Finance, Edwin Kartawinata mengatakan momotor.id sebagai situs jual beli kendaraan roda dua baru dan bekas terdepan yang mendukung percepatan transisi energi di sektor otomotif, memperluas perannya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap motor listrik, salah satunya melalui EVperience. Kegiatan ini diharapkan dapat menghilangkan keraguan masyarakat terhadap kendaraan listrik.

“Momotor.id antusias bekerjasama dengan ALVA dalam menyelenggarakan EVperience untuk menghadirkan pengalaman berkendara dengan motor listrik kepada masyarakat. ALVA memiliki diferensiasi dan diversifikasi produk yang kuat, serta ditambah dengan teknologi inovatif yang mereka tawarkan, hal ini membuat kami yakin untuk menjalin kerjasama dalam acara kali ini.  Momotor.id sebagai bagian dari Adira Finance yang mendukung gerakan green financing, melihat bahwa motor listrik sebagai salah satu solusi pilihan berkendara yang lebih ramah lingkungan sehingga akan mengurangi dampak polusi udara di Ibukota,” kata Edwin saat acara EVperience di Mall Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (01/09/2023).

Motor Listrik. Foto: Istimewa

DKI Jakarta masuk ke dalam 5 kota besar dengan kualitas udara terburuk di dunia. Berdasarkan data dari Index Kualitas Udara (IQAir) pada 30 Agustus 2023, Nilai indeks kualitas udara (AQI) Jakarta mencapai 167 AQI US, menjadi yang tertinggi selama satu bulan ke belakang dan masuk ke dalam kategori “Tidak Sehat”.

Masalah polusi udara di kota-kota besar di Indonesia sudah menjadi perhatian banyak pihak. Semakin berkembangnya motor listrik tentu menjadi dorongan bagi industri otomotif untuk berperan dalam memperbaiki kualitas udara, salah satunya dengan memberikan alternatif kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Bahkan, pemerintah secara khusus mendukung kehadiran motor listrik dengan memberikan subsidi sebesar Rp 7 juta bagi masyarakat yang membeli motor listrik.

Chief Marketing Officer ALVA, Putu Yudha, atau yang akrab disapa Adit mengatakan di tengah kemudahan dan dampak positif dari kehadiran kendaraan listrik atau electric vehicle (EV)  masih banyak asumsi dan informasi keliru yang berkembang di masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan seperti EVperience sangat penting untuk dilakukan.

“ALVA terus menggalakkan berbagai kolaborasi untuk meningkatkan edukasi ke masyarakat mengenai kendaraan listrik. Kegiatan edukasi seperti EVperience penting dilakukan karena masih banyaknya asumsi-asumsi keliru terkait motor listrik yang perlu kami luruskan,” tutur Adit seperti dalam keterangan kepada Abadikini.

Adit menjelaskan beberapa alasan keuntungan menggunakan motor listrik khususnya Motor Listrik ALVA, yakni pertama, efisien biaya karena tidak menggunakan bahan bakar serta ramah lingkungan karena tidak mengeluaskan emisi gas buang. Dalam setahun mengaspal seluruh motor listrik ALVA yang telah sampai ke konsumen telah menghemat emisi sebesar 88,5 ton CO2 atau setara dengan menanam 4.000 batang pohon. Untuk ALVA Cervo yang dapat menempuh jarak maksimal 125 kilometer, hanya butuh minimal 1000 watt listrik, pengecasan dapat dilakukan selama 1 – 4 jam, dengan biaya Rp 5.000. Kedua, akselerasi spontan karena torsi yang besar ditambah dengan fitur boost yang dapat menambah kecepatan dalam waktu singkat, dan ketiga, perawatan murah dan mudah karena komponen motor listrik lebih sedikit jika dibandingkan dengan motor konvensional.

Selain memberikan pengalaman dan edukasi terkait motor listrik, EVperience juga mendorong transaksi motor listrik melalui situs jual beli momotor.id. Tercatat, berdasarkan data dari Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia, hingga Juni 2023, penjualan motor listrik mencapai 53 ribu unit. Jumlah tersebut  meningkat signifikan dari tahun sebelumnya.

ALVA saat ini memiliki dua varian motor yang memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di atas 40% dan masuk ke dalam daftar motor yang mendapatkan program bantuan pemerintah. Kedua motor tersebut yakni ALVA One dan ALVA ADC-BP AT Cervo. Masyarakat yang tertarik dapat mencobanya terlebih dahulu dan membelinya dalam EVperience.

Spesial untuk masyarakat yang datang dan mengunjungi booth di EVperience di Summarecon Mall Kelapa Gading tanggal 1-3 September 2023, akan ada program menarik dari momotor.id, diantaranya; bagi konsumen yang melakukan program tukar tambah motor akan mendapatkan voucher e-money sebesar Rp1,5 juta, dan untuk konsumen yang membeli motor akan mendapatkan voucher e-money sebesar Rp750 ribu.

Bagi konsumen belum berkesempatan hadir pada acara, bisa langsung akses www.momotor.id dan pilih kategori motor listrik untuk mengetahui katalog motor listrik dengan berbagai promo menarik yang ditawarkan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128