Atlet Wushu Indonesia sabet Emas di FISU World University Games

Abadikini.com, JAKARTA – Atlet wushu putri Indonesia Nandhira Mauriskha membuat kejutan dalam ajang The FISU World University Games 2021 yang dilaksanakan pada tahun 2023 dengan merebut medali emas.

Tampil di Chengbei Gymnasium Chengdu, China, Sabtu, peraih perak SEA Games Vietnam yang juga adik ipar mantan juara dunia Lindswel Kwok itu berhasil menyabet emas nomor Changquan Putri dengan meraih angka tertinggi 9,600 poin.

Keberhasilan tersebut merupakan medali emas pertama yang diraih adik kandung peraih perak Asian Games 2018 Jakarta, M. Hulaefi, itu.

Rara, panggilan akrab Nadhira Mauriskha yang menjalani Trainning Camp (TC) di China, juga akan memperkuat kontingen wushu Indonesia pada Asian Games 2023 Hangzhou pada September.

Medali perak nomor Changquan Putri direbut atlet Jepang, Moka Furukawa dengan mengantongi 9,596 poin, sementara medali perunggu diraih atlet Chinese Taipei, Lin Chien-hsi dengan 9,453 poin.

Di nomor Changquan Putra, atlet wushu Taolu andalan Indonesia Edgar Xavier Marvelo harus puas meraih perak dengan mengantongi 9,716 poin.

Medali emas direbut atlet tuan rumah China, Jin Zhedian dengan 9,723 poin dan perunggu direbut atlet Chinese Taipei, Chen Yue-xi dengan 9,706 poin.

Dengan hasil tersebut timnas wushu Indonesia yang berkekuatan delapan atlet sudah mengantongi satu emas dan satu perak.

“Raihan satu emas dan satu perak ini merupakan awal yang baik. Semoga keberhasilan Nandhira Mauriskha dan Edgar bisa memicu atlet-atlet kebanggaan kita lainnya untuk kembali mengumandangkan lagu Indonesia Raya di ajang FISU World University Games 2021,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis dikutip dari Antara, Ahad (29/7/2023).

Menurut pelatih kepala timnas wushu Indonesia Novita, hasil tersebut menjadi modal utama bagi keduanya untuk menambah rasa percaya diri pada saat tampil di Asian Games 2023 Hangzhou nanti.

“Alhamdulillah di hari pertama Rara dan Edgar tampil dengan baik tanpa melakukan kesalahan sehingga mendapatkan nilai yang bagus dari wasit juri dan berhasil menyumbangkan medali emas dan perak,” ujar Novita.

“Kita ketahui saat SEA Games 2023 Kamboja lalu, Rara mengalami pukulan berat saat gagal menyumbangkan medali. Kini, Rara mampu bangkit dan tampil perfect sekaligus melepas gelar Silver Queen-nya karena tahun 2022 ada lima event yang diikuti semuanya meraih perak. Begitu juga dengan Edgar yang sudah menunjukkan penampilan memukau.”

Novita mengatakan pencapaian itu tidak lepas dari perhatian Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto dan dukungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Kami berterima kasih pada Pak Ketum Airlangga Hartarto yang terus memberikan perhatian kepada Tim Wushu Indonesia. Terima kasih juga kepada Kemenpora yang telah mendukung program Training Camp (TC) di China,” kata Novita.

Edgar, yang merupakan mahasiswa Universitas Bhayangkara Raya, akan kembali tampil di nomor Daoshu Putra, sementara Nandhira, yang tercatat sebagai mahasiswi Universitas Bina Nusantara, akan tampil di nomor Jianshu Putri.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker