PERSIS Dukung Penuh Kejagung Usut Kasus Korupsi BTS 4G

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Islam (Persis) KH. Jeje Zaenudin meyakini Kejaksaan Agung (Kejagung) sudah memiliki bukti yang memadai dalam menetapkan mantan menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G Plate, sebagai tersangka dan membawanya ke persidangan dalam perkara dugaan korupsi BTS Kominfo

“Saya yakin sudah dilengkapi dengan alat bukti yang memadai, sehingga jaksa dapat membuktikan tuntutannya,” ujar Jeje dalam keterangan dikutip, Rabu (28/6/2024).

Karena jika tidak mampu membuktikannya, lanjut dia, tentu kasus ini akan menjadi preseden buruk penegakkan hukum.

Diketahui, Johnny Plate, Selasa (27/6), menjalani sidang perdana, dengan agenda pembacaan surat dakwaan. Sidang di gelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta.

Jeje juga mengaku prihatin bahwa pengerjaan program dan proyek negara seringkali disalahgunakan oleh pemegang kekuasaan. Ini menunjukkan rapuhnya integritas moral para pejabat ketika berhadapan dengan uang. Sekaligus juga lemahnya kontrol pengawasan dan pencegahan korupsi.

“Agar penanganan kasus korupsi BTS di Kominfo ini tuntas dan tidak dicurigai bersifat politis, maka sudah seharusnya penegakkan hukumnya bersifat komprehensif kepada semua pihak yang terlibat tanpa pandang bulu,” ujar Jeje.

Sebelumnya dalam dakwaan terungkap cerita bagaimana Johnny pernah menerima setoran sebesar Rp 500 juta setiap bulannya saat masih menjabat menteri.

Dalam dakwaan jaksa disebutkan, Johnny total menerima uang sebesar Rp 17.848.308.000 dalam perkara dugaan korupsi penyediaan infrastruktur base tranceiver station (BTS) dan infrastruktur pendukung Kominfo periode 2020 hingga 2022.

“Terdakwa Johnny Gerard Plate sebesar Rp 17.848.308.000,00,” ujar jaksa penuntut umum Sutikno dalam persidangan hari ini.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker