Kemlu Sebut Seluruh WNI di Rusia dalam Kondisi Aman Meski Situasi Sedang Genting

Abadikini.com, JAKARTA – Sebanyak 14 warga negara Indonesia (WNI) berada fi Voronezh dan 11 lainnya di Rostov Rusia, saat ketegangan akibat pemberontakan Wagner Group berlangsung.

Mengingat kondisi ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) terus mengimbau agar WNI tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan.

Di sisi lain, Kementerian Luar Negeri juga mengatakan siap memberi update lebih lanjut terkait kondisi para WNI di Rusia selama gerakan Wagner Group tengah digencarkan.

“Imbauan tersebut merupakan kewajiban KBRI untuk memberikan alert terhadap WNI atas berbagai kemungkinan ancaman keamanan. KBRI akan selalu memberikan update dari waktu ke waktu,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Judha Nugraha.

Dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu, 25 Juni 2023 Kementerian Luar Negeri melalui Departemen Perlindungan WNI dan BHI mengabarkan kondisi terkini WNI di Rusia.

Mereka mengatakan, saat ini seluruh WNI dalam kondisi aman meski situasi keamanan sedang genting.

“Kondisi para WNI aman dan mereka tetap tenang,” ucap Judha.

Meski demikian, Direktur Perlindungan WNI dan BHI mengingatkan agar para WNI terus membawa dokumen identitas (paspor) dalam bepergian dan beraktivitas sehari-hari sehubungan dengan upaya peningkatan penjagaan keamanan di tempat-tempat umum, transportasi umum, stasiun kereta api dan bandar udara.

KBRI juga menyerukan agar WNI membatasi perjalanan ke luar kota kecuali keperluan mendesak. Imbauan itu terkait dengan peningkatan pemeriksaan aparat di jalan keluar dan menuju Moskow.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker