Rubel Rusia Menguat

Abadikini.com, MOSKOW – Rubel Rusia menguat pada awal perdagangan Jumat (23/6/2023) waktu setempat mengabaikan penurunan tajam harga minyak berkat dukungan periode pembayaran pajak akhir bulan yang akan datang, yang cenderung meningkatkan pasokan mata uang asing.

Pada pukul 08.11 GMT, rubel terangkat 0,3 persen terhadap dolar menjadi diperdagangkan pada 83,78 dan melonjak 1,2 persen untuk diperdagangkan pada 91,11 versus euro. Mata uang Rusia juga menguat 0,4 persen terhadap yuan menjadi diperdagangkan di 11,60.

Rubel melemah sekitar 2,0 persen terhadap dolar minggu lalu, mencapai level terendah lebih dari 14 bulan, dirusak oleh perubahan volatil di pasar likuiditas yang rendah. Sebagai tanggapan, pejabat senior menyatakan bahwa nilai tukar 80-90 per dolar lebih disukai.

Rubel sekarang didukung oleh mendekatnya pembayaran pajak bulanan yang biasanya membuat eksportir mengubah pendapatan devisa untuk menyelesaikan kewajiban lokal.

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, turun 1,7 persen menjadi diperdagangkan pada 72,90 dolar AS per barel.

Indeks saham Rusia lebih rendah. Indeks RTS berdenominasi dolar merosot 1,2 persen menjadi diperdagangkan di 1.043,9 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel diperdagangkan 1,4 persen lebih rendah pada 2.776,5 poin.

sumber: Antara

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker