Belajar Dari Pengalaman, Yusril Bicara Capres Yang Bakal Didukung PBB di Pilpres 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra berbicara mengenai arah dukungan partainya terhadap calon presiden (Capres) 2024 mendatang.

“Ya walaupun belum final, tetapi ada arah (mendukung Prabowo) seperti itu,” kata Yusril dilansir dari tribunnews Rabu (3/5/2023).

Pakar hukum tata negara itu mengatakan bahwa dalam dunia politik itu sangat dinamis sehingga tidak menutup kemungkinan untuk berubah.

“Bisa saja muncul calon baru atau koalisi baru yang mencapai threshold 20 persen karena masih ada waktu sampai Oktober 2023. Jadi politik ini dinamis begitu,” ucap Yusril.

Eks Menteri Sekretariat Negara era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini pun mengatakan, partainya juga belajar dari pengalaman.

Seperti, PBB sudah menentukan pilihan misalnya mendukung Prabowo-Hatta di Pilpres 2014.

Kemudian, pada Pilpres 2019, PBB mengalami friksi dan terlambat menyatakan dukungan politik kepada Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Kita agak lambat menyatakan mendukung Pak Jokowi sehingga proses negosiasi politiknya sudah terlambat” jelasnya.

Diketahui, Dua tokoh nasional yang digadang-gadang bakal maju sebagai calon presiden dan wakil presiden 2024, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, tampil bersama di Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Selama dua hari berturut-turut sejak Sabtu hingga Minggu, 29-30 April 2023, keduanya terlihat menghadiri setidaknya dua kegiatan.

Kegiatan pertama di Istano Basa Pagaruyung dalam rangka pengukuhan gelar Datuk Rajo Basa untuk Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker), Afriansyah Noor.

Ada sekitar 12.000 warga yang turut hadir. Kegiatan kedua di Gelanggang Bukit Gombak dalam ajang Pacu Kuda Wirabraja.

Tak hanya tampil duet di hadapan publik. Rupanya, Prabowo dan Yusril juga menginap di hotel yang sama serta dikabarkan melakukan diskusi intensif selama kurang lebih dua jam.

Menilik kebersamaan dua pimpinan partai tersebut tersirat kuat bahwa agaknya sudah ada kesepakatan terkait dengan Pilpres 2024.

Bisa jadi soal sikap politik PBB dengan Gerindra, bisa pula mengarah ke seputar pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni Prabowo-Yusril.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128