Gegara Tulisan Perang di Ukraina, Rusia Bakal Denda Wikipedia

Abadikini.com, MOSKOW – Pengadilan Rusia mendenda Wikipedia Foundation, pemilik Wikipedia, sebesar dua juta ruble (sekitar Rp 360,5 juta) karena mereka tidak mencabut ‘konten terlarang’ terkait militer Rusia, menurut pemberitaan Interfax, Kamis (27/4/2023).

Pengadilan mengatakan denda itu adalah yang ketujuh kali dijatuhkan pada Wikimedia pada 2023 karena mereka tidak menghapus informasi terlarang. Total denda Wikimedia adalah 8,4 juta ruble (Rp 1,5 miliar).

Hukuman yang paling baru diberikan adalah karena Wikimedia tidak menghapus sebuah artikel tentang unit militer yang berisi ‘informasi rahasia militer’.

Informasi mengungkap lokasi, komposisi, dan peralatan mereka, termasuk informasi terkait perkembangan pergerakan yang disebut Rusia sebagai operasi militer di Ukraina.

Wikimedia belum memberikan tanggapan.  Perusahaan tersebut menyatakan bahwa informasi yang dikeluhkan oleh para pejabat Rusia itu memiliki sumber yang baik dan jelas, serta sudah sesuai dengan standar Wikipedia.

Wikipedia adalah satu dari segelintir sumber informasi independen berbahasa Rusia yang bertahan sejak awal pengusutan konten-konten daring yang digencarkan pada awal penyerangan Moskow ke Ukraina tahun lalu.

“Kami belum memblokir Wikipedia, belum ada rencana semacam itu saat ini,” kata Interfax dengan mengutip pernyataan minggu lalu dari Menteri Bidang Digital Maksut Shadaev.

Sumber: Reuters

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker