Warga Miskin Afghanistan Melonjak Hingga 34 Juta dari 40 Juta Penduduk

Abadikini.com, KABUL – Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyebut jumlah  warga miskin afghanistan melonjak hampir dua kali lipat menjadi 34 juta orang semenjak Taliban berkuasa.

Seperti laporan France24 dikutip Kompas TV, Selasa (18/4/2023) diketahui bahwa subsidi luar negeri yang besar dihentikan dan program bantuan dikurangi secara dramatis setelah pemerintah Afghanistan yang didukung Amerika Serikat jatuh tahun 2021, karena banyak negara menolak berurusan dengan otoritas Taliban di Kabul.

LSM-LSM yang masih memberikan bantuan vital mendapat pukulan lebih lanjut bulan Desember tahun lalu oleh perintah pemerintah Taliban yang melarang perempuan Afghanistan bekerja untuk mereka.

Pembatasan itu diperpanjang bulan ini untuk pegawai perempuan Afghanistan PBB dan organisasi itu mengungkapkan mereka menghadapi “pilihan yang mengerikan” apakah akan melanjutkan skema bantuannya.

Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa UNDP Selasa (18/4) juga merilis penilaian baru yang mencolok atas data tahun 2022, yang memperkirakan 34 juta warga Afghanistan hidup di bawah garis kemiskinan.

Angka tersebut merupakan peningkatan yang mengejutkan dari sebesar 15 juta orang tahun 2020, tahun penuh terakhir pemerintahan yang didukung Barat, namun runtuh dalam hitungan minggu pada musim panas berikutnya.

Tidak ada data sensus kontemporer untuk Afghanistan tetapi PBB menggunakan perkiraan populasi Afghanistan sebanyak 40 juta orang, yang berarti 85 persen negara diproyeksikan berada dalam kemiskinan.

“Beberapa terpaksa menjual rumah, tanah, atau aset mereka yang menghasilkan pendapatan,” kata laporan UNDP.

“Yang lain menggunakan praktik yang menyengsarakan diri sendiri, dengan mengkomodifikasi anggota keluarga mereka sendiri, mengubah anak-anak menjadi buruh dan anak perempuan menjadi pengantin.”

PBB menerbangkan sejumlah besar dolar AS ke Afghanistan untuk membayar staf dan biaya operasi, suntikan uang tunai yang juga sangat penting dalam menopang ekonomi negara yang goyah.

Afghanistan Terjun Bebas ke Dalam Jurang

Uang tunai senilai US$1,8 miliar masuk ke Afghanistan dengan cara ini antara Desember 2021 dan Januari 2023, menurut misi PBB di Afghanistan.

Ini memperingatkan pada awal tahun “jika jumlah bantuan yang dapat diberikan PBB berkurang, jumlah uang tunai yang dikirimkan akan berkurang”.

Itu berarti jika PBB menghentikan pekerjaannya karena pembatasan pemerintah Taliban, itu akan memiliki efek ganda mengurangi bantuan dan memotong jalur ekonomi penting bagi warga Afghanistan.

PBB juga memperingatkan bahwa pembatasan dapat mematikan keran bantuan di sumbernya, dengan para donor berhati-hati dalam memberikan uang tunai untuk proyek-proyek yang tidak dapat dilaksanakan.

Seruan PBB untuk Afghanistan 2023 sejauh ini hanya menaikkan lima persen dari target bantuan US$4,6 miliar.

“Jika bantuan luar negeri dikurangi tahun ini, Afghanistan mungkin jatuh dari tepi tebing ke dalam jurang,” kata perwakilan UNDP di Afghanistan, Abdallah Al Dardari, dalam sebuah pernyataan.

Banyak organisasi menangguhkan operasi mereka sebagai protes terhadap larangan bulan Desember terhadap LSM yang mempekerjakan wanita Afghanistan.

Pengecualian diberikan kepada mereka yang bekerja di sektor kesehatan setelah perselisihan berhari-hari, tetapi UNDP mengatakan 150 LSM dan lembaga bantuan “telah menangguhkan semua atau sebagian dari pekerjaan mereka”.

Pejabat bantuan mengatakan mereka membutuhkan pekerja wanita untuk membantu mengidentifikasi dan mendukung penerima manfaat wanita Afghanistan di seluruh negeri.

“Larangan itu memiliki konsekuensi yang sangat negatif,” kata Dardari kepada wartawan saat rilis laporan UNDP di Kabul.

“Jika kita tidak memiliki rekan perempuan itu, siapa yang akan mengetuk pintu, memberikan dukungan, dan berbicara dengan perempuan Afghanistan di rumah mereka?”

Dampak negatif

PBB mengatakan kepada semua warga negara Afghanistan, baik laki-laki maupun perempuan, untuk menjauh dari kantor PBB sejak otoritas Taliban melarang staf perempuan Afghanistan untuk bekerja dua minggu lalu.

“Untuk saat ini mereka bekerja dari rumah dan akan tetap menjadi staf PBB dan tetap digaji,” kata Dardari.

Perintah itu adalah yang terbaru dari serangkaian pembatasan kebebasan perempuan sejak 2021 yang telah membuat gadis remaja dilarang sekolah dan perempuan diusir dari banyak pekerjaan pemerintah.

Dalam pernyataan publik yang luas menjelang festival Muslim Idul Fitri, pemimpin tertinggi Taliban Hibatullah Akhundzada mengatakan “Perkembangan Afghanistan adalah tanggung jawab rakyat Afghanistan”.

“Kita tidak boleh bergantung pada orang lain,” katanya.

Qatar, yang secara tradisional merupakan donor penting yang menekan otoritas Taliban untuk mengakhiri larangan terhadap pekerja perempuan, mengatakan pada Selasa mengirim penerbangan kemanusiaan pertama ke Afghanistan dalam 10 bulan membawa makanan, pasokan medis dan buku.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker