Putin Kunjungi Markas Rusia di Ukraina, Bahas Perang Bersama Jenderal

Abadikini.com, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi markas militer Rusia di Ukraina untuk membahas tentang perang dengan jenderal angkatan udara yang dilaporkan memegang peran lebih dalam invasi ke Ukraina itu, demikian menurut keterangan Kremlin Selasa (18/4/2023) waktu setempat.

Invasi Rusia ke Ukraina, yang dimulai pada 24 Februari 2022, menjadi awal konflik di Eropa paling berdarah sejak Perang Dunia Kedua.

Moskow mengatakan bahwa mereka sudah menduduki empat daerah di Ukraina, tetapi pasukan mereka terjebak dalam perang artileri di Donbas, dan kedua pihak berseteru mengalami kerugian yang parah. Pasukan Rusia terpaksa mundur dari Kherson bagian selatan, area yang dikunjungi Putin.

Dalam siaran TV nasional, Putin (70), yang mengenakan jaket biru, turun dari helikopter militer dan menyapa para komandan militer senior.

Tidak dijelaskan kapan kunjungan tersebut terjadi

Menurut Kremlin, Putin menghadiri pertemuan komando militer di Kherson. Dia mendapatkan berbagai laporan tentang situasi di Kherson dan Zaporizhzhia yang kini diklaim Moskow sebagai kini bagian dari Rusia dari pasukan udara, grup tentara Dnieper, serta petinggi-petinggi lainnya.

Pasukan Rusia mundur dari Kherson pada November lalu dan mempersiapkan diri di tepian sungai Dnipro, sebagai langkah antisipasi atas serangan balik dari Ukraina.

“Penting bagi saya untuk mendengarkan pendapat Anda tentang perkembangan situasi, mendengarkan Anda, bertukar informasi,” kata Putin pada komandan-komandan itu.

Jenderal Mikhail Teplinsky, komandan pasukan udara Rusia, duduk di sebelah kanan Putin, dan Jenderal Oleg Makarevich duduk di sebelah kanan.

Intelijen militer Inggris mengatakan pada Minggu (16/4) bahwa Teplinsky diberikan peran yang besar dalam perang tersebut.

“Teplinsky, komandan pasukan udara Rusia, VDV, kemungkinan besar kembali memegang peran besar di Ukraina,” kata intelijen militer Inggris. “Teplinsky kemungkinan adalah satu dari beberapa jenderal senior Rusia yang dihormati dari ranking dan prestasinya.”

Putin juga mengunjungi markas penjaga nasional di wilayah Luhansk, Ukraina, di bagian timur Donbas, yang menurut Moskow sudah mereka ambil alih beserta wilayah Donetsk yang berseberangan. Putin tampak memberikan sejumlah patung kepada para prajurit.

“Kepala negara juga menyampaikan selamat bagi para prajurit pada hari raya Paskah, dan memberikan patung-patung sebagai hadiah,” kata Kremlin.

Sumber: Reuters

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker