Andien Aisyah Resmikan Sekolah Anak Percaya di Kampung Pemulung Jakbar

Abadikini.com, JAKARTA – Penyanyi Andien Aisyah berkolaborasi dengan Yayasan Nara Kreatif pada Kamis (6/4) meresmikan Sekolah Anak Percaya di kampung pemulung di Kelurahan Joglo, Jakarta Barat, untuk memfasilitasi warga yang belum mendapatkan akses ke pendidikan yang layak.

Sekolah Anak Percaya memberikan pendidikan kejar paket A (setara SD), kejar paket B (setara SMP), serta kejar paket C (setara SMA) secara gratis, dengan menargetkan pendaftar baru usia 7-60 tahun.

Menurut Andien, menciptakan akses pendidikan yang layak dan menjadikan masyarakat Indonesia pintar merupakan tanggung jawab bersama. Ia mengaku prihatin jika melihat anak yang terpaksa putus sekolah karena terkendala biaya.

“Peran saya dan Nara Kreatif di sini hanya untuk memberikan fasilitas dan motivasi bagi mereka, hingga akhirnya mereka dapat percaya dengan diri dan mimpi mereka sendiri,” kata Andien melalui keterangan resminya, Sabtu (8/4/2023).

Senada dengan Andien, Ketua Yayasan Nara Kreatif Nezatullah Ramadhan juga mengatakan Sekolah Anak Percaya menjadi kesempatan bagi warga untuk kembali mengejar mimpi mereka.

Neza menganggap hal itu penting, karena pendidikan merupakan investasi bagi masa depan yang dapat membuat nilai dalam diri mereka menjadi lebih berarti.

“Berbeda dengan Sekolah Kejar Paket yang didirikan Nara Kreatif sebelumnya, Sekolah Anak Percaya dibangun khusus bagi warga kampung pemulung. Ke depannya, sekolah ini akan lebih luas didirikan di titik- titik kampung pemulung lainnya,’’ ujar Neza dikutip dari Antara.

Kepala Sekolah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Nara Kreatif Ani Nur Srirejeki menambahkan, pendirian Sekolah Anak Percaya merupakan upaya baik untuk meningkatkan pemerataan pendidikan sekaligus menekan angka putus sekolah.

Peresmian Sekolah Anak Percaya mendapatkan dukungan penuh dari Pembina Kampung Pemulung, Agus, yang juga menjabat sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Srengseng Kecamatan Kembangan.

“Saya melihat banyak anak- anak di sini yang kegiatannya hanya mengumpulkan sampah, padahal pendidikan adalah modal penting bagi mereka, di mana di kemudian hari mereka bisa mencari pekerjaan yang lebih baik,” katanya.

Kegiatan peresmian Sekolah Anak Percaya dibarengi dengan penyuluhan gigi, serta kegiatan buka puasa bersama dengan mengundang figur publik dan tokoh masyarakat setempat.

Sekolah Anak Percaya di kampung pemulung kelurahan Joglo Jakarta Barat menjadi titik kedua sekolah tersebut didirikan. Titik pertama pendirian Sekolah Anak Percaya berlokasi di Kelurahan Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker