Digitalisasi Penting Untuk Tawarkan Akses Inovasi Bagi UMKM

Abadikini.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) Mercy Simorangkir menilai bahwa digitalisasi penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebab bukan hanya menawarkan kemudahan terhadap layanan keuangan dan memperluas pasar, tapi juga menawarkan akses terhadap inovasi.

“Sangat penting sekali digitalisasi ini, tidak hanya menawarkan layanan dan kemudahan atau akses terhadap keuangan dan market, tapi juga akses terhadap inovasi,” kata Mercy dilansir dari Antara Rabu (5/4/2023).

Sebagai contoh, ia memaparkan bahwa dengan digitalisasi, UMKM memiliki kesempatan untuk memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) guna menumbuhkan bisnis mereka.

Sehingga di masa depan digitalisasi UMKM tidak hanya melulu membicarakan soal kemudahan akses market yang lebih besar melalui platform yang lebih besar seperti e-commerce, kemudahan akses pembayaran melalui berbagai metode, atau peningkatan akses pembiayaan.

“Di tahun 2045 mungkin saja kita bicara tentang kecerdasan yang lebih tinggi lagi, dan sangat penting untuk membicarakan bagaimana itu bisa dimanfaatkan,” ujarnya.

Menurut Mercy, kemudahan akses inovasi dari digitalisasi akan sangat membantu UMKM untuk naik kelas, bukan hanya sekadar tumbuh dan meningkatkan pendapatan.

“Yang sebetulnya menjadi pertanyaan dan PR dari negara ini, kenapa 99 persen masih yang mikro dan kecil setelah beberapa periode. Itu jadi satu masalah yang bisa didukung dan dibantu juga oleh penyelenggara teknologi finansial melalui inovasi untuk membantu pengembangan usaha UMKM ini sendiri,” kata Mercy.

“Jadi apakah digitalisasi itu membantu UMKM? Iya, tidak hanya untuk tumbuh tapi juga naik kelas dan ke depannya adalah untuk mempertahankan pertumbuhan,” tegasnya.

Meski demikian, Mercy juga mengingatkan bahwa ada hal yang harus diperhatikan dalam digitalisasi, salah satunya adalah mengenai keamanan siber dan perlindungan data pribadi.

Selain itu, para penyedia layanan keuangan juga diharapkan terus melakukan improvisasi guna meningkatkan pengalaman yang baik dan sesuai kebutuhan para pelaku UMKM.

“Dalam proses bisnis, merchant itu butuh uangnya real time ke dalam account-nya karena besok dia harus belanja lagi. Itulah layanan keuangan yang terus menerus di-improve, yang ditawarkan oleh layanan keuangan saat ini,” kata Mercy.

sumber: Antara

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker