Bappilu PBB Papua Siap Rekrut Caleg Berkualitas di Pemilu 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Setelah terbentuknya empat provinsi baru di Papua, yaitu Provinsi Papua Pegunungan, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Barat Daya, dan Provinsi Papua Tengah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Bulan Bintang Provinsi Papua Yahuda Edowai langsung bergerak cepat untuk membentuk Bappilu Wilayah di empat provinsi tersebut.

Pembentukan Bappilu Wilayah ini, kata Yahuda, dalam persiapan menghadapi Pemilu 2024. Sebelumnya, lanjut dia, sudah ada dua Bappilu Wilayah yaitu Bappilu Wilayah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

”Jadi empat provinsi yang baru ini akan segera dibentuk Bappilu, dan SK DPP PBB untuk pembentukan Bappilu Wilayah sudah saya terima,” kata Yahuda saat mengambil SK DPW PBB Papua Tengah sebagai ketua Fransiskus Magai yang diserahkan oleh Wasekjen PBB Solihin Pure dan Ketua DPP PBB Husni Jumat di DPP PBB, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Yahuda yang juga Sekretaris DPW PBB Papua Tengah menambahkan, dia sebagai Ketua Bappilu Provinsi Papua akan mengakomodir dan koordinasi di masing-masing DPW PBB di empat provinsi baru untuk segera membentuk badan pemenangan pemilu.

”Setelah saya kembali dari Jakarta, saya akan mendorong masing-masing DPW harus membentuk Bappilu. Sebab, dalam waktu dekat akan ada bimbingan teknik dari Bappilu Pusat PBB. Harapan saya dalam satu hingga dua bulan ke depan bisa terbentuk Bappilu,” terangnya.

Sementara, untuk tingkat DPC sudah terbentuk Bappilu, tinggal 6 kabupaten yang belum terbentuk, tapi sudah ada pengurusnya. Oleh karena itu pihaknya akan meminta kepada Bappilu Pusat untuk dibuatkan SK Bappilu DPC, sehingga ketika acara bimtek ini, enam kabupaten tersebut bisa ikut serta.

Yahuda saat mengambil SK DPW PBB Papua Tengah sebagai ketua Fransiskus Magai. Foto: Istimewa

Yahuda menjelaskan, untuk saat ini, langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah melakukan rapat koordinasi di tingkat DPW provinsi baru untuk membentuk panitia dalam rangka rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) sekaligus pelantikan pengurus DPW dan Bappilu serta peresmian sekretariat.

”Minggu kedua Maret kami sudah bisa meresmikan kantor sekretariat,” ujarnya.

Dia berharap setelah semuanya terbentuk bisa langsung bergerak dan melakukan perekrutan bakal calon legislatif (bacaleg) yang berkompeten dan berkualitas tinggi.

”Sudah ada beberapa bacaleg yang sudah kami seleksi, tinggal penyempurnaan saja, sehingga bisa menghasilkan caleg-caleg yang berkualitas,” jelasnya.

Sementara, target pada Pemilu 2024, pihaknya menargetkan di masing-masing kabupaten ada 5 anggota DPRD, di tiap provinsi 2 legislator, dan di DPR RI setiap provinsinya ada 1 legislator.

”Enam provinsi di Papua harus ada enam legislator di Senayan,” tegasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker