Kota Tidore Terus Optimalkan SDM Sarana Prasarana Dibidang Kesehatan

Abadikini.com, TIDORE – Pemerintah Daerah terus berkomitmen untuk mengoptimalkan sumberdaya manusia maupun sarana prasarana dibidang kesehatan dan pendidikan. Hal tersebut ditegaskan Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim dihadapan tim Surveyer Akreditas Rumah Sakit Daerah (RSD) Tidore dari Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI), di Rumah Sakit Daerah Kota Tidore, Selasa (7/2/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim didampingi Direktur RS Daerah Kota Tidore, dr Fahrizal Maradjabessy, Staf Ahli Walikota, Asisten Sekda  serta pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Tidore menyambut kedatangan dr. Dewi Gathmyr, Sp.PD, KGH, M.S, M.Tri (Han), MARS dan Helda Vera de Jong, SKM. M.Kes, FIHFAA, selaku tim Survey Akreditasi Rumah Sakit Daerah Kota Tidore Kepulauan dari Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI).

Capt, Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, Peran rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan sangat penting dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan Zaman terus berubah dan berkembang, maka pelayanan yang diberikan kepada masyarakat juga harus mengikuti perubahan tersebut agar sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat, “sehingga Seiring peningkatan pengetahuan dan teknologi mempengaruhi pola pikir masyarakat terhadap pelayanan di Rumah Sakit, Masyarakat sebagai pelanggan menuntut adanya kepuasan terhadap pelayanan, Pada dasarnya mereka berhak mendapatkan pelayanan yang bermutu dan perlindungan yang layak, begitu pula masyarakat Kota Tidore Kepulauan khususnya.” kata Ali.

Walikota dua periode ini menambahkan, RSD Kota Tidore Kepulauan memberikan pelayanan kesehatan sebagai salah satu sarana pelayanan public, yang wajib memenuhi standar pelayanan Rumah Sakit, demikian juga dengan tenaga kesehatan di RSD Kota Tidore dalam melakukan tugasnya berkewajiban mematuhi standar profesi dan selalu memperhatikan hak pasien, dengan Salah satu upaya peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit, yaitu melalui Survey Akreditasi Rumah Sakit Daerah Kota Tidore Kepulauan, “Semoga Survey Akreditasi RSD Kota Tidore Kepulauan, oleh Tim Surveyer dari LAFKI ini, mendapat nilai yang baik sekaligus dapat mengantarkan Rumah Sakit Daerah Kota Tidore Kepulauan untuk memperoleh Predikat Paripurna.” Harap Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim menambahkan, Pemerintah Daerah sangat mendukung pembangunan di daerah ini terutama pembangunan baik dibidang kesehatan maupun pendidikan, “selama kepemimpinan saya dan Wakil Walikota Muhammad Sinen di periode pertama maupun periode kedua ini kami selalu memprioritaskan pembangunan terutama pada fasilitas sarana dan prasarana serta SDM yang ada di  RSD Kota Tidore ini, karena setiap tahun Pemerintah Daerah telah mengirimkan para dokter spesialis untuk melanjutkan sekolah sehingga kembali nanti dapat meningkatkan SDM di RSD Kota Tidore.” tegas Ali.

Sementara, Tim Survey Akreditasi oleh LAFKI dr. Dewi Gathmyr mengatakan, salah satu ujung tombak di Rumah Sakit adalah Sumber daya manusia yang memadai, ketika SDMnya pandai dan sehat maka bisa membuat inovasi-inovasi yang hasilnya untuk daerah, “kami melihat RSD Tidore ini sudah sangat bagus, namun perlu ditingkatkan lagi inovasi yang ada di RSD Tidore, kami juga sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah dan RSD Tidore karena sebagian besar para Dokter spesialis di RSD Tidore merupakan Putra-putri Daerah, kalau seperti itu RSD ini sangat keren.” Kata dr Dewi.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker