Portugal juga akan Kirim Tank Leopard 2 ke Ukraina

Abadikini.com, LISBON – Perdana Menteri Portugal Antonio Costa menyatakan pihaknya akan mengirimkan unit-unit tank Leopard 2 ke Ukraina. Portugal pun menjadi negara terkini yang mengirimkan Leopard usai Jerman dan Polandia.

Costa tidak merinci berapa unit tank Leopard 2 yang akan diperbantukan ke Kiev. Portugal sendiri memiliki 37 unit tank Leopard 2, tetapi media-media lokal melaporkan sebagian besar tank tidak bisa dioperasikan.

Antonio Costa mengatakan bahwa representatif Lisbon tengah berbicara dengan otoritas Jerman untuk mendapatkan suku cadang Leopard 2; sehingga tank tersebut bisa dioperasikan kembali.

“Kami sedang berusaha agar bisa menyalurkan sebagian tank (Leopard 2) kami,” kata Costa kepada kantor berita Lusa via The Guardian, Sabtu (4/2/2023).

“Saya tahu berapa banyak tank yang akan dikirim, tetapi itu akan diumumkan pada waktu yang tepat,” lanjutnya.

Berbagai negara mengumumkan berencana atau mempertimbangkan untuk mengirim tank Leopard 2 usai Jerman memberi lampu hijau pada akhir Januari lalu. Sejauh ini, Jerman dan Polandia mengonfirmasi akan mengirimkan 14 unit.

Sementara itu, Finlandia dan Norwegia berencana turut mengirimkan unit-unit tank Leopard 2 ke Ukraina. Sedangkan Spanyol dan Belanda mengaku mempertimbangkan opsi tersebut dan bisa jadi akan mengirimkannya.

Selain tank Leopard 2, militer Ukraina juga bakal mendapatkan tank tempur utama modern lain dari Inggris Raya dan Amerika Serikat (AS). London telah mengonfirmasi akan mengirim 14 unit tank Challenger 2, sedangkan AS bersedia mengirim 31 unit tank M1 Abrams.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker