Filep Apresiasi Ketua MA Percayakan Perempuan Papua Jabat Ketua PN Manokwari

Abadikini.com, JAKARTA – Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma menyampaikan apresiasi kepada Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof M. Syarifuddin atas amanah yang dipercayakan kepada perempuan asli Papua Berlinda Ursula Mayor, SH, LLM, MIR, sebagai Ketua Pengadilan Negeri Manokwari Kelas IB, Papua Barat.

“Saya sangat apresiasi Ketua Mahkamah Agung, Pak Syarifuddin yang telah mempercayai masyarakat adat Papua khususnya perempuan asli Papua untuk mengemban amanah sebagai Ketua Pengadilan Negeri Manokwari. Saya turut berbangga atas pencapaian karir Ibu Berlinda, saya ucapkan selamat bertugas mengemban amanah yang dipercayakan,” ujar Filep lewat keterangan, Rabu (4/1/2023).

“Kepercayaan ini tentu menjadi momentum kebangkitan perempuan Papua, khususnya untuk terus berperan aktif di ruang-ruang publik. Sosok Ibu Berlinda ini tentu juga menjadi motivasi dan inspirasi tersendiri bagi seluruh perempuan Papua dimana saja berada untuk terus bergerak maju dan berkarya sesuai dengan minat dan kompetensinya, dan menunjukkan bahwa perempuan Papua mampu berperan aktif di banyak bidang selain di ruang domestik,” ungkap Wakil Ketua Komite I DPD RI ini.

Lebih lanjut, senator Papua Barat ini juga mendorong pemberdayaan perempuan di berbagai sektor kehidupan, baik itu pendidikan, sosial, ekonomi, kepemimpinan, politik hingga kesehatan termasuk dalam pencegahan masalah stunting dan gizi buruk pada anak.

“Di era saat ini, semakin banyak perempuan mengambil peran di berbagai sektor. Bahkan, kita tahu 6 persen CEO dan kursi direksi di Indonesia kini diisi oleh perempuan. Banyak UMKM tumbuh, berkembang dan maju juga digerakkan oleh perempuan. Ini menjadi bukti bahwa kepemimpinan dan kepeloporan perempuan mampu memberi dampak positif bagi lingkungan,” katanya.

Selain itu, Filep meyakini perempuan adalah sosok yang sangat luar biasa terutama perannya sebagai kunci membangun peradaban bangsa. Artinya, dari rahim perempuanlah banyak generasi hebat dilahirkan, dibesarkan dan dididik sebaik mungkin untuk menjadi generasi penerus bahkan menjadi pemimpin di masa depan.

“Perempuan, ibu adalah penentu peradaban bangsa. Ibu adalah tempat pendidikan pertama bagi anak-anaknya, menanamkan pengetahuan pertama, mengarahkan kepada hal-hal yang baik. Tentu peran perempuan juga sangat dibutuhkan di ruang publik, terlibat dalam pengambilan keputusan-keputusan penting dalam berbagai urusan. Seperti Ibu Berlinda berperan sangat penting dalam penegakan hukum dan keadilan di Papua Barat,” ucap Filep.

Seperti diketahui, Berlinda Ursula Mayor akan dilantik dan menjalani pengambilan sumpah jabatan sebagai Ketua Pengadilan Negeri Manokwari Kelas IB, pada Rabu, 4 januari 2023 besok di Ballroom Aston Niu Hotel Manokwari.

Perempuan Papua kelahiran Jayapura, 4 Desember 1974 itu sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Manokwari. Berlinda juga pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri di Papua, tepatnya di Wamena menggantikan Timotius Djemey dan dilantik pada 18 November 2013 silam.

Berlinda yang awalnya bercita-cita sebagai suster atau perawat di rumah sakit itu bertekad menjadi hakim lantaran termotivasi oleh perjuangan orang tuanya yakni Almarhum Efraim Mayor yang merupakan hakim dan hakim tinggi pertama putra daerah Papua. Sosok ayah yang gigih berjuang untuk penegakan keadilan dan membangkitkan generasi hakim asli Papua mendorong Berlinda memutuskan untukmeneruskan perjuangan ayahnya hingga saat ini.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker