Trending Topik

RUPS LB Bank Mualamat Kocok Ulang Susunan Direksi dan Komisaris

Abadikini.com, JAKARTA – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) Bank Mualamat Indonesia (BMI) mengocok ulang susunan Direksi dan Komisaris bank syariah pertama di Indonesia itu.

Dalam RUPS LB yang diselenggarakan hari Selasa ini (29/11), Indra Falatehan ditunjuk sebagai Direktur Utama, menggantikan Achmad Kusna Permana. Nama Achmad diajukan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang menguasai 82,65 persen saham BMI.

Mengutip dari RMOL, Indra Falatehan yang kini menakhodai BMI belum lama ini diangkat sebagai Direktur Utama PT Bank KB Bukopin Syariah.

Dalam susunan Direksi baru Bank Muamalat, Indra Falatehan didampingi Direktur Kepatuhan Karnom dan tiga direktur lain yakni Hery Syafril, Wahyu Avianto, dan Suhendar.

Selain di jajaran Direksi, RUPS LB Bank Mualamat juga menggantikan Komisaris. Mantan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo ditunjuk RUPS LB sebagai Komisaris Utama menggantikan Komisaris Utama sebelumnya, Iggi Haruman Achsien.

Mardiasmo juga merupakan Ketua Panitia Seleksi pemilihan Direksi dan Komisaris BMI BPKH. Seperti Achmad Kusna Permana, nama Mardiasmo juga diajukan oleh BPKH.

Di jajaran Komisaris, Mardiasmo didampingi Suwarta, Amin Said Husni, Sartono dan Andre Mirza Hartawan.

Pendirian Bank Muamalat Indonesia pada 1 November 1991 diprakarsai Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Indonesia. Gagasan mendirikan BMI berawal dari lokakarya yang diselengagrakan MUI bertema “Masalah Bunga Bank dan Perbankan” pada pertengahan Agustus 1990 di Cisarua, Bogor.

Ketua Umum MUI saat itu, Hasan Basri, membawa hasil lokakarya itu ke dalam Musyawarah Nasional MUI di akhir Agustus 1991. Di dalam Munas itulah MUI memutuskan mengambil prakarsa mendirikan bank tanpa bunga berdasyarkan hukum syariah.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker