KSP Moeldoko Dukung Solo International Art Camp di Jawa Tengah

Abadikini.com, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendukung dan mengapresiasi rencana penyelenggaraan Solo International Art Camp di Jawa Tengah pada Desember 2022 mendatang sebagai upaya mendorong akselerasi pemulihan seni dan budaya pascapandemi COVID-19.

“Saya mengapresiasi inisiasi penyelenggaraan International Art Camp di Solo, Jawa Tengah. Ini juga merupakan momentum kebangkitan yang menghidupkan kembali ruang kesenian dan kantong kebudayaan di kota Solo,” kata Moeldoko saat menerima beberapa seniman Yayasan Jagoan Indonesia seperti dikutip dari keterangan, Rabu (9/11/2022).

Moeldoko mengatakan industri kreatif merupakan salah satu sektor paling terdampak pandemi COVID-19, di mana para pekerja seni kehilangan mata pencaharian. Menurut dia, sudah saatnya ekosistem seni dipulihkan kembali agar para pegiat seni memiliki ruang kembali untuk berekspresi.

Dalam pertemuan dengan para seniman tersebut, Moeldoko meminta agar para pelaku seni tetap optimistis dan mendukung upaya pemulihan pascapandemi yang digalakkan Pemerintah.

Hingga kini, Solo International Art Camp telah diselenggarakan dua kali masing-masing di tahun 2016 dan 2018, serta sempat tersendat karena pandemi COVID-19. Solo International Art Camp 2022 akan diikuti sekitar 50 seniman dari 15 negara dan digelar pada 22-30 Desember 2022.

Acara tersebut tidak hanya menampilkan karya seni dua dimensi berupa lukisan dan tiga dimensi berupa patung, namun juga menampilkan parade kebudayaan sekaligus memberikan ruang dialog bagi seniman.

Moeldoko dijadwalkan hadir sebagai salah satu tamu undangan dalam rangkaian kegiatan workshop dan pameran seni di Kota Surakarta tersebut.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker