Dinkes Kota Tidore Menggelar Baksos Pengobatan Massal dan Khitanan

Abadikini.com, TIDORE – Kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Massal dan Khitanan Dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58 yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo berjalan sukses.

Hal ini terlihat dari penuhnya pasien yang hadir di Tempat acara yang terpusatkan di Kelurahan Payahe Kecamatan Oba, Sabtu (5/11/2022).

Pada Awal sambutnya Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia dan keluarga besar dunia kesehatan Kota Tidore Kepulauan yang telah mengadakan kegiatan pengobatan massal dan khitanan tersebut.

“Terima kasih kepada Kadis Kesehatan, panitia, dan seluruh tenaga kesehatan lainnya yang telah mengadakan kegiatan ini sehingga masyarakat didaratan oba dapat dijangkau dalam pelayanan kesehatan”. Ucap Ismail.

Ismail juga menambahkan sesuai yang dikatakan oleh kementrian kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin bahwa mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat membutuhkan kerjasama yang baik dari seluruh komponen masyarakat dan tenaga kesehatan terutama persoalan stunting.

“Untuk itu melalui kegiatan ini saya berharap agar setiap komponen, stakholder untuk berkerja bersama-sama mengatasi persoalan kesehatan ini, terutama persoalan stunting yang mana kota Tidore Kepulauan. masih berada di angka 25.1 persen yang masih membutuhkan dukungan untuk mencapai RPJMN 2024 sebesar 14 Persen”. Harapnya.

Pada Kesempatan yang sama juga Ketua TP-PKK Kota Tidore Kepualaun Hj. Safia Ali Ibrahim menyampaikan PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan pada tahun-tahun sebelumnya sudah sering malakuan acara kesehatan masyarakat ini namun pada 3 tahun belakang ini karena adanya Covid-19 maka kegiatan tersebut belum dilaksanakan.

“Semoga Dinas Kesehatan dan para tenaga kesehatan dapat berkerja sama dengan TP-PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepualaun untuk menjadikan kegiatan kesehatan masyarakat ini sebagai kegiatan rutin setiap tahunnya”. Ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan Abd. Madjid Do. M. Nur juga menjelaskan kegiatan kesehatan masyarakat pada tahun ini dipusatkan di kecamatan oba karena kecamatan oba sebagai titik sentral yang tepat agar masyarakat yang berada di oba selatan juga dapat mengikuti kegiatan tersebut.

“Kecamatan Oba kami pilih sebagai pusat kegiatan ini karena Oba merupakan titik sentral yang pas untuk dijangkau oleh masyarakat di kecamatan oba selatan,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan juga sedikit menambahkan kegiatan ini bekerja sama dengan TP-PKK Kota Tidore Kepulauan, Dharma Wanita Persatauan Kota Tidore Kepulauan, Dharma Wanita Persatuan Dinas Kesehatan, dan Tenaga Kesehatan Se-Kota Tidore Kepulauan.

“Kegiatan ini berkerja sama dengan organisasi wanita sebagai mitra pemerintah dan kami juga menghadirkan kurang lebih 20 Dokter Spesialis dan kurang lebih 70 tenaga kesehatan yang berada di Kota Tidore Kepulauan” tambahnya.

Pada kesempatan ini turut hadir Ketua dan Ketua I TP-PKK Kota Tidore Kepualaun bersama pengurus, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan bersama pengurus, Dharma Wanita Persatuan Dinas Kesehatan, camat bersama Forkompimcam Kecamatan Oba, dan Camat Oba Tengah.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker