Taiwan Sebut China Lakukan “Tipu Muslihat” dengan Rekaman Video

Abadikini.com, TAIPEI – Taiwan menuduh Beijing melakukan “tipu muslihat” dan bersikap berlebihan setelah militer China merilis rekaman video tentang Kepulauan Penghu.

Kepulauan dengan letak yang strategis itu menjadi lokasi bagi pangkalan udara utama Taiwan.

China, yang mengklaim Taiwan sebagai bagian dari teritorinya, telah menggelar latihan militer di sekitar pulau itu bulan ini.

Latihan tersebut dilakukan China sebagai respons atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Lima anggota DPR AS mengikuti jejak Pelosi pada Minggu dan Senin.

Komando Palagan Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China, yang bertanggung jawab atas daerah yang bersebelahan dengan Taiwan, pada Senin merilis video Kepulauan Penghu yang tampaknya diambil dari pesawat Angkatan Udara China.

Wakil Kepala Staf Operasi AU Taiwan Tung Pei-lun mengatakan bahwa hal itu merupakan perang informasi yang dilancarkan oleh China.

Namun, dia mengatakan dirinya tak mau berkomentar tentang siapa perekam video itu.

“China menggunakan tipu muslihat berlebihan dalam perang kognitif untuk menunjukkan betapa dekatnya mereka dengan Penghu, (tetapi) itu tidak benar,” kata Tung dilansir dari Reuters Selasa (18/8/2022).

Kementerian Pertahanan Taiwan pada Senin merilis sebuah peta yang memperlihatkan bahwa pesawat China yang terbang paling dekat dengan Penghu pada hari itu adalah empat pesawat J-16.

Jet-jet tempur itu terbang melewati garis median Selat Taiwan –pembatas tidak resmi di antara kedua pihak– tetapi tetap lebih dekat ke pantai China daripada Penghu, menurut peta itu.

Tung mengatakan Taiwan memiliki informasi seketika tentang apa yang terjadi di udara.

Dia menambahkan, pesawat-pesawat China telah melakukan misi ke utara dan barat daya Taiwan dan di sepanjang garis median.

“Pasukan angkatan udara maupun pasukan pertahanan udara di darat merespons,” kata Tung.

Penghu adalah tujuan wisata musim panas yang memiliki banyak pantai. Letaknya dekat pesisir barat daya Taiwan, tidak seperti dua pulau Taiwan lain –Pulau Kinmen dan Pulau Matsu– yang lebih dekat dengan pesisir China.

AU Taiwan dipersenjatai dengan baik, tetapi jumlah senjata mereka jauh lebih sedikit daripada AU China.

sumber: Reuters

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker