Bima Sakti Berpeluang Raih Gelar Perdana Sebagai Pelatih di AFF U-16

Abadikini.com, JAKARTA – Bima Sakti berpeluang meraih gelar perdananya sebagai pelatih setelah mengantarkan tim nasional U-16 Indonesia mencapai final Piala AFF U-16 2022 dan akan menghadapi Vietnam dalam pertandingan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (12/8) besok.

“Insyaallah dengan seizin Allah, itu (juara Piala AFF U-16-red) akan menjadi yang pertama bagi saya sebagai pelatih,” ujar Bima dikutip dari Antara, Kamis (11/8/2022).

Sosok yang resmi gantung sepatu pada 2017 dalam usia 41 tahun itu memang belum pernah merasakan gelar juara di kompetisi apapun, baik sebagai pelatih maupun asisten pelatih.

Prestasi terbaiknya hanyalah menjadi peringkat ketiga Piala AFF U-15 2019 saat Bima ia mulai dipercaya menangani timnas U-15 dan U-16.

Sebelumnya ia sempat menjadi pemain merangkap asisten pelatih Persiba Balikpapan, asisten pelatih timnas Indonesia, asisten pelatih timnas U-23, dan pelatih timnas Indonesia.

Semasa masih aktif tampil di lapangan, mantan kapten timnas Indonesia itu pernah merasakan gelar juara Liga Indonesia 1999-2000 bersama PSM Makassar.

“Saat menjadi pemain timnas dulu juga pernah menjadi juara di Piala Kemerdekaan (tahun 2000-red). Namun itu turnamennya tidak segengsi di AFF,” tutur Bima.

Indonesia mencapai final Piala AFF U-16 2022 setelah menyisihkan Myanmar 5-4 lewat adu tendangan penalti seusai laga semifinal berakhir imbang 1-1 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (10/8) kemarin, sedangkan Vietnam lolos lewat kemenangan 2-0 atas Thailand.

Final Piala AFF U-16 2022 dijadwalkan berlangsung di Stadion Maguwoharjo pada Jumat (12/8) mulai pukul 20.00 WIB, beberapa jam setelah Thailand dan Myanmar bertemu dalam laga perebutan tempat ketiga.

Itu akan menjadi pertemuan pertama Indonesia dan Vietnam di final AFF U-16. Sebelumnya Indonesia sempat mengalahkan Vietnam 2-1 dalam laga pemungkas penyisihan Grup A edisi kali ini.

Vietnam dan Thailand merupakan tim tersukses AFF U-16 dengan koleksi tiga gelar juara, sedangkan Indonesia baru sekali menjadi kampiun pada 2018 saat kompetisi digelar di Jawa Timur.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker