Tips dan Pertimbangan Memilih Asuransi Mobil

Penggunaan mobil saat ini menjadi begitu penting dan makin banyak yang menggunakannya. Hal itu karena kebutuhan akan mobil makin tinggi dan didukung oleh makin mudahnya seseorang membeli sebuah mobil.

Bagi Anda yang sudah atau akan memiliki mobil, sudahkah Anda melengkapi kendaraan kesayangan dengan asuransi mobil Allianz?

Asuransi sangatlah penting sebagai langkah antisipasi hal-hal di masa depan yang serba tak pasti, termasuk untuk mobil Anda. Apalagi mobil bisa jadi aset Anda yang sangat penting sehingga menjaganya sebaik mungkin adalah salah satu prioritas utama.

Terdapat banyak penyedia asuransi mobil sehingga Anda harus pintar-pintar memilihnya agar mendapatkan asuransi mobil terbaik dan sesuai dengan kebutuhan, termasuk pertimbangan asuransi TLO.

Untuk membantu Anda, berikut adalah beberapa tips memilih asuransi mobil berkualitas:

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pertama adalah mengetahui dengan pasti apa saja yang dibutuhkan mobil Anda, bagaimana kondisi mesinnya, body, usia dan lain sebagainya yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk merawat mobil dengan baik.

Jika Anda sudah mengetahui kondisi kendaraan Anda, maka dalam memilih asuransi yang tepat sesuai kebutuhan akan jauh lebih mudah.

Perlu Anda ketahui sebelumnya ada dua jenis asuransi mobil yang biasanya disediakan. Kedua jenis itu adalah:

• Asuransi mobil All Risk

Untuk asuransi jenis ini biaya premi yang harus anda bayarkan memang lebih mahal dibanding jenis yang satunya namun jenis yang satu ini memberikan keuntungan lebih banyak.

Anda bisa melakukan klaim asuransi apabila mobil mengalami gangguan atau kerusakan dalam bentuk apapun, baik itu berat maupun kecil.

Sehingga apabila mobil Anda mengalami lecet di body bisa melakukan klaim, sebagaimana Anda bisa melakukan klaim apabila mobil mengalami kecelakaan berat.

• Asuransi Mobil Total Loss Only atau TLO

Sedangkan asuransi mobil jenis ini biaya preminya lebih murah, namun Anda tidak bisa melakukan klaim dengan bebas.

Anda bisa melakukan klaim apabila mobil mengalami kerusakan yang berat atau total yang menyebabkan biaya gantinya hampir seharga mobil itu sendiri.

Lakukanlah Survei

Melakukan survei sebelum memilih jasa asuransi mobil sangat direkomendasikan. Anda bisa memulai dengan mencarinya di internet lihat bagaimana website mereka, review pengguna sebelumnya dan sebagainya.

Anda juga bisa menanyakan ke teman atau kerabat anda yang pernah menggunakan asuransi mobil. Bagaimana pengalaman mereka, apakah mereka merekomendasikan asuransi tersebut pada anda atau tidak.

Sesuaikan dengan Budget yang Tersedia

Memang biasanya makin besar biaya premi yang harus dikeluarkan makin bagus dan banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Namun, tentu saja jangan sampai memaksakan bila memang dananya tidak tersedia.

Ingat, membeli asuransi mobil adalah bertujuan untuk menjamin keamanan mobil Anda, menjamin masa depan Anda bisa lebih baik dan tenang.

Jika biaya premi yang harus dibayarkan sangat besar hingga membuat keuangan Anda terganggu, maka sebaiknya pilih produk yang lain karena malah bisa memberatkan hidup Anda di masa depan.

Belilah Mobil di Tempat yang Menyediakan Asuransi Sekaligus

Apabila Anda berencana membeli mobil baru, maka sebaiknya belilah di diler yang sudah sekaligus menyediakan asuransi mobilnya. Biasanya pihak diler menyediakan asuransi mobil apabila anda membelinya secara kredit.

Jika kredit tersebut sudah selesai, maka asuransi yang ditanggung pihak diler pun akan habis. Oleh karena itu, sebaiknya anda meneruskan asuransi tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam memilih asuransi mobil Anda memiliki dua pilihan, yaitu All Risk dan TLO atau Total Loss Only.

Pertimbangan asuransi TLO ini adalah apabila Anda termasuk yang bisa berhati-hati dalam menggunakan mobil. TLO hanya akan menanggung biaya kerugian Anda apabila mobil mengalami kehilangan, mengalami kerusakan atau pencurian yang total perbaikannya bisa mencapai atau sama dengan 75% ke atas dari harga mobil Anda.

Sedangkan untuk pertimbangan asuransi All Risk sebenarnya hanya di masalah harga premi yang harus dibayarkan. Biasanya lebih mahal, namun semua jenis kerusakan baik kecil atau besar bisa ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128