Kelurahan Dowora Menggelar Pelatihan Kader Siaga Bencana

Abadikini.com, TIDORE – Akhir-akhir ini Kelurahan Dowora sering terjadinya banjir karena curah hujan yang tinggi, sehingga mengakibatkan beberapa sungai besar dan saluran air meluap, sehingga mengakibatkan banjir dan masuk dalam rumah warga. Dengan kejadian tersebut, maka Pemerintah Kelurahan Dowora membuat pelatihan tanggap Bencana. Pelatihan tersebut di buka secara resmi oleh Kepala Wilayah Kecamatan Tidore Timur Samsul Failisa bertempat di Aula SDN Dowora, Selasa, (14/6).

Kepala Wilayah Kecamatan Tidore Timur Samsul Failisa lewat sambutanya mengatakan bahwa pelatihan kader siaga bencana di Kelurahan Dowora sangat penting, karena dua tahun terakhir ini Indonesia dan Kota Tidore Kepulauan secara umum maupun Kelurahan Dowora khususnya dilanda cuaca yang kurang kondusif, seperti tingkat curah hujan yang tinggi, sehingga mengakibatkan banjir dan air rob.

“Untuk itu Kepala Kelurahan Dowora saya meminta pasca pelatihan ini dapat melakukan sosialisasi dan simulasi tentang deteksi dini dan penanggulangan bencana alam serta peran Kader Siaga Bencana yang setiap saat siap sedia serta sigap apabila di wilayah Kelurahan Dowora dan sekitarnya terjadi bencana,” ujarnya.

Selanjutnya Camat Tidore Timur berharap kepada peserta Pelatihan Kader Siaga Bencana agar dapat mengikuti setiap tahapan materi yang disampaikan oleh pemateri, Sehingga tujuan pelaksaaan pelatihan kader siaga bencana dapat tercapai sesuai harapan kita semua. Selanjutnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat ketika sebelum dan sesudah terjadinya bencana.

“Semoga kita semua dijauhkan dari bencana alam dan non alam. Dengan demikian harapan kita semua dalam Membangun Masyarakat Sejahtera Menuju Tidore Jang Foloi dapat tercapai,” harapnya.

Kepala Kelurahan Dowora Anwar Bachtiar selaku Ketua Panitia mengatakan tujuan pelaksanaan pelatihan kader siaga bencana dalam rangka mengembangkan pengetahuan masyarakat tentang deteksi dini dan kesiapsiagaan bencana.

“Pelatihan kader siaga bencana di ikuti sekitar 30 peserta yang berasal dari unsur perangkat kelurahan, ibu-ibu dan pemuda,” kata ketua Panitia.

Narasumber yang mengisi materi kader siaga bencana Suryani Abdullah Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kota Tidore Kepulauan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker