Rusia-Turkmenistan Perkuat Kemitraan Strategis

Abadikini.com, MOSKOW РPresiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turkmenistan Serdar Berdimuhamedov menandatangani Deklarasi mengenai Pendalaman Kemitraan Strategis di Moskow pada Jumat (10/6).

Dokumen yang diterbitkan oleh Kremlin tersebut menetapkan sejumlah prioritas kerja sama Rusia-Turkmenistan pada masa depan di bidang politik, perdagangan dan investasi, budaya dan kemanusiaan, serta keamanan.

Melansir Antara, Minggu (12/6), selain deklarasi tersebut, sebanyak 14 dokumen lain juga ditandatangani selama kunjungan resmi Presiden Berdimuhamedov ke Rusia.

Lawatan itu menjadi perjalanan luar negeri pertamanya setelah dilantik sebagai Presiden Turkmenistan pada Maret lalu.

Setelah pembicaraan kedua pemimpin di Kremlin, Putin mengatakan dalam konferensi pers bahwa pertemuan dengan Berdimuhamedov berlangsung dalam suasana yang bersahabat, dan menggarisbawahi kemitraan sejati serta sifat kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua negara.

Putin juga menganugerahkan Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan kepada Berdimuhamedov atas kontribusi yang besar dalam memperkuat kemitraan strategis antara Rusia-Turkmenistan.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker