NASA Bentuk Tim Khusus Selidiki UFO

Abadikini.com, JAKARTA – NASA akan membentuk tim yang berisi ilmuwan untuk bisa menjelaskan keberadaan objek terbang tak dikenal (unidentified flying object/UFO).

Rencana itu muncul setelah pemerintah AS mendapatkan laporan merinci dari Direktur Intelijen Nasional dan Satan Tugas Angkatan Laut tentang unidentified aerial phenomena (UAP) melalui kesaksian dua pejabat Pentagon pada sidang kongres pertama tentang UFO pada 17 Mei 2022.

Dikutip dari Reuters, NASA akan membentuk tim ilmuwan untuk mengecek “fenomena udara tak dikenal”, yang biasa disebut UFO, sebagai indikasi terbaru dari keseriusan pemerintah AS dalam menangani masalah ini.

Fokusnya adalah pada identifikasi data yang tersedia, mencari cara terbaik untuk mengumpulkan data di masa depan, dan bagaimana menggunakan informasi itu untuk memajukan pemahaman ilmiah tentang masalah ini.

NASA juga menunjuk David Spergel, yang sebelumnya mengepalai departemen astrofisika Universitas Princeton, untuk memimpin tim ilmiah, dan Daniel Evans, seorang peneliti senior di Direktorat Misi Sains NASA, untuk mengatur penelitian tersebut.

Evans menjelaskan tim ilmuwan ini akan dibentuk pada musim gugur (Maret-Juni) dan akan bekerja sekitar sembilan bulan untuk mengembangkan laporan publik tentang temuannya.

Soal anggaran dan pemakaiannya, Evan mengatakan tim ini akan membelanjakan “beberapa puluh ribu dolar di mana pun” hingga tak lebih dari US$100 ribu (sekitar Rp1,4 miliar)

Thomas Zurbuchen, kepala unit sains NASA, dikutip dari Associated Press, mengakui komunitas ilmiah tradisional mungkin melihat NASA tengah “berkhianat” dengan menjelajah ke topik yang kontroversial dari sisi sains.

“Kami tidak menghindar dari risiko reputasi,” kata Zurbuchen, selama webcast National Academy of Sciences.

Dia mengakui hambatan terbesar dari kerja tim ini adalah dalam hal data. “Keyakinan kuat kami bahwa tantangan terbesar dari fenomena ini adalah miskin data.”

“Kami melihat Bumi dengan cara baru, dan kami juga melihat ke arah lain, ke langit, dengan cara baru. Apa yang sebenarnya kami coba lakukan di sini adalah memulai penyelidikan tanpa memikirkan hasil,” ujar  Zurbuchen.

Sementara, Spergel mengatakan tim ini hendak memaparkan misteri-misteri alam semesta yang sebagian besarnya belum terjelaskan.

“Kami harus menghadapi semua pertanyaan ini dengan kerendahan hati,” ucapnya.

“Saya menghabiskan sebagian besar karir saya sebagai ahli kosmologi. Saya dapat memberi tahu Anda bahwa kita tidak tahu apa yang membentuk 95 persen dari alam semesta. Jadi ada hal-hal yang kami tidak mengerti.”

Sebelumnya, Pentagon mempublikasikan beberapa video objek misterius yang menunjukkan kecepatan dan kemampuan manuver melebihi teknologi penerbangan yang dikenal dan tidak memiliki sarana penggerak atau permukaan kontrol penerbangan yang terlihat.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker