Gempat 6.5 Magnitudo Guncang Maluku Barat Daya

Abadikini.com, JAKARTA – Gempa berkekuatan 6.5 Magnitudo dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Maluku Barat Daya Provinsi Maluku dan Timur Leste pada Jumat, (27/5)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Barat Daya melaporkan masyarakat sempat panik, berlari keluar rumah dan perkantoran saat gempa terjadi.

“Gempa bumi terjadi di laut pada kedalaman 104 km tepatnya 85 km Barat Daya dari Maluku Barat Daya. Berdasarkan pemodelan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Abdul Muhari, Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangan resmi.

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya deformasi batuan akibat benturan Australia dengan Timor tepat pada struktur lama palung/trench terusan Palung Jawa di Samudra Hindia,” ujar Daryono.

Daryono menjelaskan episenter gempa terletak pada koordinat 8,58° LS – 127,14° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 87 kilometer Barat Daya Maluku Barat Daya, Maluku pada kedalaman 53 kilometer.

Sedangkan berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).
“Gempa ini berdampak dan dirasakan di Timur Leste dengan skala intensitas IV-V MMI, di mana getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun,” jelasnya.

Namun di daerah Alor, lanjut Daryono, skala intensitas guncangan III-IV MMI. Sejumlah warga yang ada di dalam rumah daerah Kupang beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Di samping itu, berdasarkan pantauan hingga pukul 10.15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker