Lubang Raksasa Ditemukan di Guangxi, China Selatan

Abadikini.com, JAKARTA – Ilmuwan China menemukan lubang raksasa (sinkhole) di karst Kabupaten Leye, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Tiongkok selatan. Temuan ini didapat setelah tim melakukan eksplorasi terhadap sebuah gua.

Dilansir dari Xinhua, Kamis (12/5/2022), dengan temuan sinkhole terbaru ini, jumlah lubang runtuhan semacam itu di Leye menjadi 30.

Seorang insinyur senior di Institut Geologi Karst Survei Geologi China, Zhang Yuanhai, mengatakan bahwa skinhole ini terletak di dekat desa Ping’e di bawah kotapraja Luoxi.

Mengenai ukurannya, sambung Zhang, panjang skinhole 306 m, lebar 150 m, dan kedalaman 192 m, dengan volumenya melebihi 5 juta meter kubik, dan dapat dikategorikan sebagai skinhole raksasa.

Zhang menjelaskan, ada tiga gua besar di dindingnya, yang dianggap sebagai sisa-sisa evolusi awal skinhole. Bagian bawah skinhole memiliki kehidupan berupa hutan primitif yang terpelihara dengan baik.

Pemimpin tim ekspedisi gua Guangxi 702, Chen Lixin, menyampaikan jika pohon-pohon kuno yang tumbuh di dalamnya memiliki tinggi hampir 40 meter, dan tanaman peneduh yang lebat setinggi 1 meter.

Ekspedisi selesai pada hari Jumat (6/5/2022) kemarin, setelah anggota tim turun lebih dari 100 meter dan berjalan kaki beberapa jam untuk mencapai dasar lubang. Mereka kembali ke permukaan dengan selamat pada Jumat malam.

Sinkhole raksasa, juga dikenal sebagai Tiankeng (lubang surgawi) dalam bahasa China, dolines, skinhole, dengan fitur geologis khusus yang ditemukan di kawasan karst. Mereka terutama berada di China, Meksiko, dan Papua Nugini.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker