Tips Transaksi Keuangan Mudah dan Aman Jelang Lebaran

Abadikini.com, JAKARTA – Riset YouGov tentang tren belanja Ramadhan 2022 menunjukkan bahwa 70 persen orang Indonesia yang saat ini bekerja mengatakan akan menyimpan sebagian THR yang didapat, 32 persen akan digunakan untuk donasi atau zakat fitrah, dan 31 persen untuk investasi.

Temuan riset tersebut menjadi cerminan banyaknya kebutuhan finansial masyarakat yang perlu dipenuhi selama bulan Ramadhan, khususnya menjelang Lebaran.

Berikut ini ada lima tips yang dapat Anda terapkan agar transaksi keuangan menjelang Lebaran lebih mudah, nyaman, dan aman, dikutip dari Antara Kamis (28/4/2022).

Tunaikan zakat, infaq, dan sedekah secara digital

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Outlook Zakat Indonesia 2022 mengungkapkan bahwa pandemi telah memberikan dampak positif terhadap ekosistem zakat di Indonesia, di mana masyarakat mulai memberikan donasi, baik zakat, wakaf, maupun infaq secara digital.

Selain untuk meminimalisir kontak fisik, transaksi digital juga membuat transaksi menjadi lebih mudah dan nyaman.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan fitur Donasi di aplikasi OVO yang berkolaborasi dengan berbagai mitra badan penyalur zakat, infaq dan sedekah seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, Benih Baik dan lainnya.

Bagi-bagi salam tempel lewat transfer

Berbagi kebahagiaan berupa THR atau salam tempel telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia terutama dalam menyambut Lebaran. Memasuki masa peralihan pandemi yang masih menuntut adanya pengurangan kontak fisik, OVO dapat menjadi alternatif dompet digital dalam pemberian THR.

Transaksi menggunakan QRIS

Untuk memudahkan dalam melakukan berbagai macam pembayaran, Anda dapat memanfaatkan QRIS melalui aplikasi OVO.

Pengguna cukup memindai QRIS merchant menggunakan fitur scan QRIS di aplikasi OVO. Cara lainnya adalah dengan mengunggah kode QRIS merchant melalui galeri ponsel pengguna.

Segera top up saat saldo tipis saat mudik

Agar transaksi digital berjalan lancar, Anda terus harus memastikan bahwa saldo Anda mencukupi. Saat saldo menipis saat mudik, pengguna tak perlu khawatir sebab pengguna dapat mengisi ulang saldo di 8 juta titik di seluruh Indonesia termasuk Indomaret di pelosok sekalipun.

OVO juga telah memperluas jangkauan layanan top up melalui kerjasama dengan agen Blibli Mitra, Payfazz dan Sepulsa yang jumlahnya mencapai ratusan ribu titik di seluruh Indonesia.

Jangan lupa sisihkan THR untuk investasi

Dana THR menjadi dana yang paling ditunggu setiap Lebaran. Namun, jangan habiskan semua THR untuk berbelanja, tapi sisihkan juga untuk investasi.

Beberapa produk investasi reksa dana berbasis syariah yang tersedia di layanan/fitur OVO | Invest yang merupakan hasil kolaborasi dengan Bareksa bisa dijadikan pilihan bagi pengguna yang ingin memulai belajar berinvestasi hanya dengan mulai dari Rp10 ribu.

Reksa dana pasar uang Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid dan reksa dana pendapatan tetap Bahana MES Syariah Fund Kelas O adalah beberapa produk investasi yang dapat dipilih.

Selain tips di atas, Anda juga perlu menyadari pentingnya asuransi untuk memproteksi diri dan keluarga agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik.

Agar perjalanan mudik lebih aman dan nyaman, OVO memfasilitasi para pengguna dengan layanan OVO | Proteksi yang bekerja sama dengan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) untuk produk asuransi jiwa Syariah berbasis digital dan Simas Insurtech untuk proteksi kendaraan motor dan mobil.

sumber: Antara

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker