H-5 Lebaran, Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan Makassar

Abadikini.com, JAKARTA – Puncak arus mudik di Pelabuhan Makassar, eks Soekarno Hatta, Sulawesi Selatan, dipadati ribuan calon penumpang yang berangkat, maupun penumpang yang tiba di pelabuhan setempat pada H-5 arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 masehi.

“Hingga hari ini, dari empat kapal Pelni yang tiba, tercatat 6.000-an penumpang, baik yang naik maupun turun,” kata Kepala Operasi dan Pelayanan PT Pelni Makassar, Tomi Santoso, Kamis (28/4/2022).

Data sementara yang dihimpun sejak 17-27 April 2022, tercatat sudah 5.400 penumpang yang diberangkatkan, sedangkan yang turun sebanyak 5.600 penumpang di pelabuhan Makassar.

Tomi menambahkan tahun ini arus mudik penumpang diperkirakan meningkat, mengingat Pemerintah Pusat telah melonggarkan aktivitas masyarakat termasuk kegiatan mudik di masa Pandemi COVID-19 yang terus melandai penyebarannya.

“Tetapi syaratnya jelas, bagi penumpang yang akan berangkat, sudah vaksinasi lengkap atau booster. Kalaupun sudah vaksin dosis dua, disertakan surat anti gen, dan dosis satu tes PCR. Sedangkan penumpang yang belum divaksinasi, menyertakan keterangan dokter memiliki riwayat penyakit,” kata Tomi menambahkan.

Dari pantauan, terlihat calon penumpang antusias naik ke ruang tunggu, setelah antre di depan pintu pemeriksaan tiket dan dokumen kesehatan oleh petugas sebagai syarat berangkat menggunakan kapal Pelni.

Ribuan pemudik ini tujuan Sulawesi Tenggara dan Maluku. Mereka menunggu di ruang embarkasi pelabuhan untuk diberangkatkan KM Doro Londa. Kapal ini juga menurunkan ribuan penumpang dari Jakarta dan Surabaya di pelabuhan setempat.

Salah seorang penumpang asal Maluku, Nilam Sari bersyukur bisa mudik tahun ini, setelah dua tahun berada di Makassar tidak bisa mudik karena masih puncak pandemi COVID-19. Pelonggaran aktivitas juga diperbolehkan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

“Alhamdulillah, bisa pulang kampung tahun ini, setelah dua tahun menunggu. Tiket sudah dipesan awal puasa, jadi sudah ada. vaksin sudah booster di kampus. Mudah-mudahan sampai di rumah dengan selamat,” tuturnya. (Antara)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker