Wali Kota Tidore Ali Ibrahim Lakukan Inspeksi Mendadak di Pasar Sarimalaha

Abadikini.com, TIDORE – Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah/2022 Masehi, Walikota Tidore Kepulauan Capten Ali Ibrahim bersama Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah melakukan inspeksi mendadak untuk meninjau harga Minyak Tanah dan harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Pasar Sarimalaha, Kelurahan Indonesiana Selasa (26/4/2022).

Peninjauan ini dilakukan untuk mengecek langsung stabilitas harga minyak tanah serta stok dan harga sembilan bahan pokok di Kota Tidore Kepulauan menjelang hari raya idul fitri, Ali Ibrahim dalam kesempatan tersebut juga berdialog dengan para pedagang untuk mengetahui keluhan-keluhan pedagang.

Dari hasil tinjauan tersebut, didapati harga minyak tanah pada Operasi Pasar yang dilakukan oleh CV. Rusda sebesar Rp. 4.300/liter lebih murah dari harga pangkalan yaitu Rp. 4.500/liter, sementara itu stok Operasi Pasar Minyak Tanah sendiri untuk Kota Tidore Kepulauan sebanyak 70 ton, 25 ton untuk Daratan Oba dan 45 ton untuk wilayah Kota Tidore.

Sedangkan untuk harga sembilan bahan pokok, terdapat kenaikan harga pada sejumlah bahan pokok diantaranya, Minyak Goreng Curah sebelumnya Rp. 20.000/liter mengalami kenaikan menjadi Rp. 25.000/liter, Minyak Goreng Kemasan sebelumnya Rp. 30.000/liter naik menjadi Rp. 35.000/liter.

Daging ayam potong juga mengalami kenaikan, sebelumnya Rp. 38.000/kilo mengalami kenaikan menjadi Rp. 43.000/kilo tergantung pada ukurannya, ikan juga mengalami kenaikan, jenis ikan masa kering dibandrol Rp. 25.000/ekor dengan ukuran standar, sedangkan ikan fufu Rp. 80.000/gaki.

Berbeda dengan sejumlah bahan pokok diatas, Bawang Merah dan Bawang Putih justru mengalami penurunan, yang sebelumnya Rp. 50.000/kilo turun menjadi Rp. 45.000/kilo, sementara Cabai Merah yang sebelumnya Rp. 70.000/kilo turun menjadi Rp. 40.000/kilo.

Di sela-sela peninjauan tersebut, Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim juga melakukan pemantauan fasilitas pasar seperti tempat berjualan, baik yang berada di dalam los hingga yang berada di luar yang disediakan untuk para pedagang kaki lima.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker