Uni Eropa tidak bisa Embargo Penuh atas Impor Migas Rusia, Ini Penyebabnya!

Abadikini.com, JAKARTA – Uni Eropa tidak bisa memberlakukan embargo penuh atas impor minyak dan gas Rusia lantaran tidak memiliki dukungan yang cukup.

Begitu yang diungkap oleh Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell dalam wawancaranya dengan surat kabar Jerman, Die Welt, Senin (25/4/2022).

“Saat ini, kami di Uni Eropa tidak memiliki posisi yang seragam mengenai pertanyaan ini,” kata Borrell.

Borrell mengatakan isu ini juga akan dibahas pada KTT Uni Eropa berikutnya, yang dijadwalkan pada akhir bulan depan. Namun ia tidak yakin akan muncul keputusan tertentu mengingat pecahnya suara Uni Eropa terkait embago migas Rusia

“Usulan final embargo migas belum ada di meja,” ucapnya.

Kendati begitu, ia mengatakan, semua negara Uni Eropa sedang berupaya untuk mengurangi ketergantungan mereka pada minyak dan gas Rusia.

“Pada titik tertentu itu akan terjadi dan kemudian Rusia akan merasa sakit bahwa pendapatan dari bisnis minyak dan gas hilang,” tambahnya.

Ekspor minyak adalah sumber utama mata uang asing Kremlin. Rusia adalah pemasok minyak terbesar Eropa, menyediakan lebih dari seperempat impor minyak Uni Eropa pada tahun 2020.

Banyak pihak menyerukan agar Uni Eropa mengakhiri pembeliannya dari Rusia karena dinilai telah membiayai perang di Ukraina.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker