Telkomsel Prediksi Trafik Komunikasi Meningkat Selama Ramadhan

Abadikini.com, JAKARTA – Telkomsel memprediksi dalam bulan Ramadhan dan Idul Fitri trafik komunikasi akan meningkat dibanding dengan hari normal.

Dilansir dari keterangan persnya, Jumat (1/4/2022), Telkomsel mengatakan, trafik layanan data/broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 9,4%, serta trafik layanan panggilan suara diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 9,3% dan SMS tumbuh sekira 4,1%.

Sedangkan, untuk aktivitas layanan digital masyarakat juga diperkirakan akan meningkat, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 7,5%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 21,3%, layanan streaming video meningkat sekira 15,3%, layanan mobile gaming melonjak hingga 34,9%, akses browsing naik 17,8%, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekira 18,4%.

Mengantisipasi hal tersebut, secara keseluruhan proses optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel akan difokuskan di 500 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

Cakupannya 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan COVID-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.

Telkomsel juga telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, terutama memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia.

“Telkomsel sendiri mulai Maret 2022 telah memastikan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten hingga akhir tahun,” kata Direktur Network Telkomsel Nugroho.

Menurut dia, prosesnya sudah dilakukan secara bertahap, dimulai Maret 2022 ini. Hal tersebut, dilakukan guna memastikan aktivitas secara digital masyarakat, terutama sat menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri untuk kebutuhan silaturahmi, berbagi kebaikan, hingga kegiatan ibadah secara optimal dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terkini dari Telkomsel.

Selain itu, untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, layanan VoLTE Telkomsel kini sudah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker