Servis Bawah Bola Voli: Pengertian dan Caranya

Abadikini.comServis bawah bola voli akan dijelaskan pada artikel ini. Selain belajar mengenai passing, smash, dan juga blocking, anda juga wajib tahu tentang cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli.

Servis merupakan salah satu teknik dasar pada permainan bola voli. Banyak dikatakan bahwa servis digunakan pada saat awal pertandingan. Teknik ini penting untuk dipelajari, mengingat jika anda dapat melakukan servis dengan benar maka anda dapat menentukan bagaimana jalannya pertandingan. Namun, apabila melakukan servis dengan cara yang salah, hal itu dapat merugikan tim.

Lalu, bagaimana dengan servis bawah bola voli dan bagaimana caranya? Melansir dari berbagai sumber, Okezone telah menemukan beberapa informasinya. Yaitu sebagai berikut

Servis Bawah Bola Voli

Servis bawah atau nama lainnya underhand service merupakan teknik yang cocok dipelajari oleh pemain pemula. Pasalnya, teknik ini cukup  mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan banyak kekuatan seperti pada saat melakukan servis atas atau overhand service. 

Sebenarnya, pengertian dari teknik servis ini adalah gerakan memukul bola yang dilakukan dengan jari-jari tangan yang mengepal atau menggenggam. Sebelum memukul bola, bola voli harus dilambungkan sedikit.

Berikut tata cara bagaimana melakukan servis bawah pada bola voli:

  1. Bersiap dengan salah satu kaki berada didepan dan satunya lagi dibagian belakang. 
  2. Pegang bola pada tangan kiri dengan posisi tangan kiri maju sejajar dengan pinggang.
  3. Kepalkan tangan kanan dan ayunkan untuk memukul bola. 

Itu lah pengertian servis bawah pada bola voli dan juga cara melakukannya

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker