Trending Topik

Yusril ke Menteri Agama, Dari pada Sibuk Urus Suara Azan Lebih Baik Selesaikan Pencopotan Plang Muhammadiyah di Banyuwangi

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengkritik Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas terkait pernyatannya yang membandingkan suara azan dengan suara gonggongan anjing.

Menurut Yusril, dari pada sibuk mengurusi hal itu, Yaqut disarankan mengurusi masalah pencopotan plang Muhammadiyah yang terjadi di Banyuwangi, Jawa Timur.

“Menteri Agama sudah waktunya tangani masalah seperti ini (pencabutan plang Muhammadiyah). Daripada sibuk ngurusi suara azan dan membanding-bandingkannya dengan gonggongan anjing, yang malah bikin masalah tambah runyam,” katanya dikutip dari akun Twitter-nya @Yusrilihza_Mhd, Selasa (1/3/2022)

Pakar Hukum Tata Negara itu menjelaskan, tugas Kementerian Agama adalah menata dan mendorong kehidupan beragama yang lebih tenang, aman, dan damai di tengah kemajemukan.

Karena itu, menurutnya, Menteri Agama seyogianya dapat mengajak semua umat beragama hidup berdampingan secara damai dan saling menghormati perbedaan.

“Segala ucapan yang dilontarkan harus hati-hati, halus dan menjunjung tinggi sopan-santun serta budi bahasa. Ucapan-ucapan yang menyejukkanlah yang dinanti-nanti umat semua agama dari Menteri Agama. Setiap kebijakan yang akan diambil juga perlu direnungkan dalam-dalam segala dampaknya,” jelas Yusril.

Dia berharap Menag Yaqut turut menjaga tutur katanya agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Apalagi bila pernyataan itu justru menimbulkan masalah baru di masyarakat Indonesia.

“Saya berharap, Menteri Agama menjaga lisan, menjaga ucapan agar tidak menimbulkan masalah baru di masyarakat kita,” ujarnya.

Pasalnya tegas Yusril, sudah terlalu banyak masalah yang dihadapi bangsa Indonesia. Untuk itu, Yaqut disarankan untuk tidak menambah masalah baru di masyarakat yang bermula dari pernyataan-pernyataannya ke publik.

“Sudah terlalu banyak masalah dihadapi bangsa dan negara kita ini. Jangan ditambahi lagi dengan masalah baru yang berawal dari ucapan dan kata-kata. Bersikap bijaklah!” tegas Yusril.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker