Uji Klinis Tahap 1, 63 Relawan Disuntik Vaksin Merah Putih

Abadikini.com, JAKARTA – Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga telah melakukan uji klinis tahap 1 pada Kamis (10/2/2022). Ketua Tim Peneliti Vaksin Merah Putih, Fedik Abdul Rantam mengatakan sebanyak 63 relawan telah disuntik Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Universitas Airlangga dan PT Biotis Pharmaceuticals.

“Mulai kemarin dan sampai hari ini peserta volunteer dapat 63 orang. Dan besok sudah selesai cukup sampai 90 orang. Ini fase [uji klinis] pertama,” kata Fedik di Kantor MUI, Jakarta, Kamis (10/2).

Fedik merinci total ada 90 relawan yang akan diberikan vaksin Merah Putih di fase uji klinis tahap I di RSUD dr Soetomo Surabaya.

Bila teruji khasiatnya, Ia mengatakan tim akan melanjutkan uji klinis fase 2 pada bulan depan. Nantinya, terdapat 400-500 relawan yang akan disuntik vaksin tersebut di uji klinis fase 2 tersebut.

“Dan Insyallah pada April itu akan menginjak ke fase 3. Jika semua hasil vaksinasi ini aman. Itu syarat yang harus kita lalui. Karenanya mohon doanya. Sehingga vaksin buatan teman-teman Indonesia, ini asli buatan kami sendiri. Semoga ke depan jadi lebih baik lagi,” ujar Fedik.

Di sisi lain, Fedik mengaku bersyukur Vaksin Merah Putih besutannya telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Ia pun berharap vaksin ini bisa memenuhi aspek keamanan, khasiat dan kehalalannya ke depan.

“Semoga Agustus ini bisa memanfaatkan Vaksin Merah Putih ini sebagai vaksin primer maupun booster,” ungkapnya.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker