Rafael Nadal Rebut Juara Australian Open 2022

Abadikini.com, JAKARTA – Rafael Nadal berhasil menmabah koleksi gelar Grand Slam-nya menjadi 21 usai merebut gelar juara Australian Open 2022

Trofi juara Australian Open 2022 direngkuh petenis Spanyol itu setelah mengalahkan unggulan kedua Daniil Medvedev di laga final pada Minggu (30/1/2022). Bertanding di Rod Laver Arena, Nadal yang diunggulkan di tempat keenam comeback dari tertinggal dua set sebelum menang 2-6, 6-7 (5), 6-4, 6-4, 7-5.

Sukses ini menandai trofi Australian Open kedua dalam karier Nadal yang dicapai dalam enam final. Sebelumnya, Nadal memenangi gelar pertamanya di Melbourne Park pada 2009 alias 13 tahun yang lalu.

Sebuah rekor pun diukir petenis kidal berusia 35 tahun itu. Rafael Nadal berarti sudah memenangi 21 titel Grand Slam, jumlah terbanyak di antara petenis putra mana pun di era Terbuka sekaligus mengungguli Roger Federer dan Novak Djokovic, yang sama-sama mengumpulkan 20 titel Grand Slam.

“Aku tahu ini adalah sebuah momen yang berat, Daniil. Kamu adalah seorang juara menakjubkan. Aku sudah pernah berada di posisi ini beberapa kali mencoba merebut trofinya,” kata Nadal memuji perlawanan Medvedev dalam pidatonya di atas lapangan.

“Sejauh ini merupakan salah satu malam paling emosional di dalam karierku, dan bisa berbagi lapangan denganmu merupakan sebuah kehormatan. Bagiku ini menakjubkan. Satu setengah bulan yang lalu aku bahkan tidak tahu apakah aku bisa kembali dan sekarang aku kembali di sini dengan memegang trofi ini.”

Keberhasilan Nadal menjadi petenis putra pertama dengan 21 gelar Grand Slam mendapatkan ucapan selamat dari dua rivalnya: Federer dan Djokovic.

“Pertandingan yang gila,” tulis Federer di Instagram. “Kepada teman sekaligus rival beratku Rafael Nadal, ucapan selamat dengan sepenuh hati karena menjadi pemain pertama yang memenangi 21 titel Grand Slam di nomor tunggal. Menakjubkan.”

“Beberapa bulan yang lalu kita sempat bercanda tentang kita yang memakai kruk. Menakjubkan. Jangan pernah meremahkan seorang juara yang hebat, etos kerjamu yang luar biasa, dedikasi, dan semangat bertarungmu adalah inspirasi bagiku, dan banyak orang lainnya di seluruh dunia.”

“Aku bangga berbagi era ini denganmu dan merasa terhormat karena ikut mendorongmu untuk mencapai yang lebih seperti yang juga kamu lakukan kepadaku selama 18 tahun. Aku yakin kamu memiliki pencapaian yang lebih di masa depan, tapi sekarang nikmatilah kesuksesan ini.”

Novak Djokovic terpaksa melewatkan Australian Open 2022 karena saga visa yang dibatalkan. Meski demikian, Djokovic turut menyelamati Nadal dan Medvedev.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker