Ketua DPD HNSI Malut Hadiri Penebaran Perdana Budidaya Udang Vaname Metode Bioflok

Abadikini.com, TIDORE – Walikota Tidore Kepulauan Capten Ali Ibrahim yang juga selaku Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Maluku Utara menghadiri Kegiatan Penebaran Perdana Budidaya Udang Vaname dengan Metode Bioflok yang bertempat di Laboratorium Basah Universitas Khairun Kelurahan Kastela Ternate, Sabtu (15/1/2022).

Kegiatan Penebaran Perdana Budidaya Udang Vaname dengan Metode Bioflok ini diselenggarakan atas kerjasama Kelompok Usaha Bersama Lentera Aquatic, Pusat Studi Akuakultur (PUSAKA) Universitas Khairun dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara, turut hadir Sekretaris Provinsi Maluku Utara Syamsuddin Abdul Kadir sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi.

Dalam kesempatan tersebut, Ali Ibrahim dalam arahannya mengatakan, atas nama Ketua HNSI Provinsi Maluku Utara memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi dan Universitas Khairun atas kerjasama yang luar biasa sehingga Program Budidaya Udang Vaname dengan Metode Bioflok ini dapat dilakukan.

“Kami sangat mendukung program yang dilakukan oleh Universitas Khairun yang bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara, semoga program ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama juga bagi koperasi serta dapat menciptakan lapangan kerja baru,” tutur Ali Ibrahim

Sementara itu Ketua Pusat Studi Akuakultur Universitas Khairun Dr. Muhammad Aris dalam sambutannya menjelaskan, Budidaya udang dengan teknologi atau metode bioflok yaitu mengandalkan mikroorganisme yang dijadikan sebagai sumber produktivitas untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Kelebihan dari budidaya udang menggunakan teknologi bioflok ialah lebih sehat dan udang lebih gurih karena menggunakan mikroorganisme sebagai pakan dari udangnya, “kalau metode ini jadi dan berhasil, maka di daratan Halmahera bisa dilakukan budidaya udang Vaname dengan metode ini, harapan kami bisa terimplementasi di seluruh Maluku Utara,” tutur Muhammad Aris

Usai memberikan sambutan, Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim bersama Sekretaris Provinsi Maluku Utara Syamsuddin Abdul Kadir didampingi Kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara serta Wakil Rektor dan Dekan Universitas Khairun melakukan prosesi Penaburan Perdana Budidaya Udang Vaname, sebanyak 500 benur udang yang ditaburkan dan ditargetkan 3 bulan kedepan akan Panen sebanyak 1,2 ton Udang Vaname.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker