Pelindung Matahari pada Teleskop James Webb Telah Terbuka Sempurna

Abadikini.com, JAKARTA – Pelindung matahari pada Teleskop Luar Angkasa James Webb telah terbuka secara sempurna setelah melalui serangkaian proses rumit.

Pelindung matahari ini merupakan fitur penting dari teleskop James Webb untuk menjaga berbagai instrumen tetap dingin sehingga berfungsi dengan baik.

Teleskop raksasa tersebut telah menyelesaikan penyebaran perisai matahari raksasa berbentuk layang-layang di observatorium ruang angkasa.

Hanya dengan penghalang seukuran lapangan tenis ini Webb akan memiliki kepekaan untuk mendeteksi sinyal yang datang dari objek terjauh di Alam Semesta.

Dilansir dari BBC, Minggu (9/1/2022), kini para peneliti akan berkonsentrasi pada membongkar cermin teleskop yang lebarnya mencapai 6,5 meter. Penyebaran perisai matahari lima membran adalah pencapaian bagi tim teknik di badan antariksa AS (Nasa) dan produsen kedirgantaraan Amerika Northrop Grumman.

Pasalnya, banyak yang meragukan desain yang mencakup begitu banyak motor, roda gigi, katrol dan kabel. Tetapi pengujian selama bertahun-tahun pada model skala penuh dan sub-skala membuahkan hasil karena pengontrol memisahkan lapisan pelindung yang berbeda dan kemudian mengencangkannya.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker