Dengan Teleskop James Webb, NASA Berburu Planet Baru di Luar Tata Surya

Abadikini.com, JAKARTA – Teleskop James Webb milik Badan Antariksa Amerika Seriakt (NASA) telah diluncurkan pada akhir Desember lalu. Teleskop antariksa ini bertujuan untuk menjelajahi fase awal sejarah kosmik.

NASA berharap teleskop ini dapat menemukan planet lain yang mirip Bumi. Para astronom di seluruh dunia juga berharap untuk menemukan hal yang tidak terduga, seperti planet baru misalnya, kata Sara Seager, astrofisikawan dan ilmuwan planet di Institut Teknologi Massachusetts, dikutip dari CNN.

Seperti yang diketahui, sejak beberapa tahun silam, para astronom telah menemukan hampir 5.000 exoplanet dan memperkirakan bahwa di galaksi Bima Sakti sendiri memiliki miliaran lebih exoplanet.

Dengan diluncurkannya, observatorium luar angkasa ini diharapkan dapat melihat ke alam semesta yang lebih jauh, serta mengamati benda-benda di tata surya kita.

Apalagi teleskop hampir menjadi identik dengan exoplanet, atau dunia di luar tata surya, yang dapat diamati dengan cara yang unik. Namun, menurut laporan laman Popular Science, teleskop hanya dapat menentukan ukuran, massa, jarak dari bintang, suhu kasar, dan – dalam kondisi tertentu-beberapa molekul mengambang di atmosfernya.

Para ilmuwan bahkan tidak yakin berapa banyak kandidat Planet B yang mungkin ada, atau apakah ada di antara mereka yang benar-benar mirip Bumi. Telesekop hanya akan membantu ‘menjahit’ celah tersebut, dan menjadi cermin besar, serta instrumen yang ditemukan akan membawa fokus lebih tajam ke tempat-tempat yang jauh.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker