File Berbahaya Ditemukan Meningkat 5,7 Persen

Abadikini.com, JAKARTA – Kaspersky melaporkan telah mendeteksi sekitar 300 ribu file berbahaya setiap harinya sepanjang 2021. Angka ini menunjukkan peningkatan 5,7 persen dibanding tahun sebelumnya..

“Sepanjang tahun lalu, kami menemukan 20.000 lebih banyak file berbahaya per hari dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Denis Staforkin, pakar keamanan Kaspersky, dalam keterangan tertulis.

Salah satu tren dalam laporan yang bertajuk Kaspersky Security Bulletin: Statistics of the Year Report, menyebutkan sistem deteksi perusahaan menemukan rata-rata 380.000 file berbahaya baru setiap hari selama 12 bulan terakhir, mencerminkan pertumbuhan 20.000 file dibandingkan tahun sebelumnya.

Secara umum, sebagian besar ancaman atau sekitar 91 persen terjadi melalui file WindowsPE – format file khusus untuk sistem operasi Windows. Namun, pada 2021 pelaku kejahatan siber mulai menyebarkan ancaman yang terkait dengan sistem operasi Linux jauh lebih aktif daripada sebelumnya.

Akibatnya, jumlah malware Linux yang terdeteksi dan perangkat lunak berbahaya tumbuh sebesar 57 persen. Lebih dari setengah (54 persen) ancaman yang terdeteksi oleh sistem Kaspersky terdiri dari trojan yang tidak dikenal.

Sementara banyak jenis ancaman menunjukkan penurunan volume pada tahun 2021 dibandingkan dengan tahun 2020, Trojan Droppers tumbuh sebesar 2,24 persen dibandingkan tahun 2020. Jenis malware ini sangat berbahaya karena program ini dirancang untuk mengirimkan malware lainnya yang lebih canggih ke perangkat pengguna.

Ada juga peningkatan dalam jumlah worm yang terdeteksi (117,5 persen), dengan pangsa mencapai 9 persen– program ini dapat mereplikasi diri dan menyebar secara independen setelah mereka menerobos ke dalam sistem. Terakhir, virus mengalami peningkatan (27 persen) dengan pangsa yang bertumbuh menjadi 10 persen.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker