Catat, 13 Aplikasi Ini Sebabkan Rekening Ludes

Abadikini.com, JAKARTA – Sejumlah aplikasi dihapus di Google Play Store karena mengandung virus yang bisa sedot rekening hingga ludes. Kendati demikian, aplikasi yang ada di daftar tersebut sudah terlanjur diunduh oleh ratusan bahkan ribuan pengguna di seluruh dunia dan kemungkinan masih bersembunyi dalam bentuk APK.

Melansir cnbcindonesia Jumat (23/2/2024) sebuah trojan Android baru ditemukan dan menargetkan para pengguna HP Android. Malware ini menyamar sebagai aplikasi yang berhubungan dengan kesehatan, permainan, horoskop, dan produktivitas.

Virus itu adalah Trojan Xamalicious yang menggunakan aplikasi tidak bersalah untuk melewati fitur aksesibilitas pengguna. Kemudian ia mengambil alih HP menggunakan fitur-fitur yang biasanya dikunci.

Trojan Xamalicious memindai perangkat untuk mencari informasi apa pun yang dapat digunakan dalam peretasan seperti OS, lokasi, kontak, kata sandi, dan banyak lagi. Ia kemudian mengeksekusi kode untuk mengambil alih perangkat anda dan mengambil informasi anda.

Sejauh ini, virus tersebut telah menempel pada 13 aplikasi di Google Play yang telah dihapus. Google menghapus aplikasi dari toko aplikasinya, tetapi tidak bisa menghapusnya dari perangkat Anda. Jadi, jika Anda menginstal salah satu aplikasi berikut, segera hapus aplikasi tersebut:

Step Keeper: Easy Pedometer

Track Your Sleep

Essential Horoscope for Android

3D Skin Editor for PE Minecraft

Logo Maker Pro

Auto Click Repeater

Count Easy Calorie Calculator

Sound Volume Extender

LetterLink

Numerology: Personal Horoscope & Number Predictions

Sound Volume Booster

Astrological Navigator: Daily Horoscope & Tarot

Universal Calculator.

Mengutip Cyberguy, virus ini tidak bekerja sendiri. Peneliti McAfee menemukan tautan ke aplikasi lain bernama “Cash Magnet” yang dapat diinstal oleh Xamalicious. Aplikasi tersebut secara otomatis mengklik iklan, menginstal aplikasi, mengirim pesan, dan tindakan lain untuk mencuri rekening korbannya.

Cara terhindar dari Xamalicious adalah dengan tetap menggunakan aplikasi resmi dari app stores. Jangan tinggalkan opsi untuk memakai software antivirus di perangkat. Terakhir, hindari kebiasaan asal klik atau download karena bisa saja hal itu membawa bahaya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128