BRIN Temukan 7 Species Tumbuhan Baru di Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Rayanya menemukan tujuh jenis atau spesies tumbuhan baru di Indonesia.

Mayoritas dari temuan tersebut adalah bagian dari golongan tanaman hias. Hal tersebut diungkapkan Kepala Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Sukma Surya Kusuma.

“Ketujuh jenis baru tersebut yaitu Hoya batutikarensis, Hoya buntokensis, Dendrobium dedeksantosoi, Rigiolepis argentii, Begonia robii, Begonia willemii dan Etlingera comosa,” ujar Sukma Surya Kusuma.

Selain tujuh jenis tersebut, ditemukan pula sub spesies Zingiber ultralimitale sub spesies mataromeoense.

Pihaknya mengatakan Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Hayati (OR IPH) melalui Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya akan terus berupaya mengeksplorasi dan mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan dari habitat alaminya.

“Penemuan ini juga memberikan informasi terkait kekayaan biodiversitas Indonesia dan mendukung penelitian lebih lanjut terkait pemanfaatannya secara berkelanjutan,” ujarnya, Senin (3/1/2022).

Sementara itu, Peneliti Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Wisnu Handoyo Ardi menyebut Begonia merupakan salah satu marga tumbuhan berbunga yang terbesar.

Saat ini diketahui terdapat 2.052 jenis Begonia yang tersebar di kawasan pantropis dunia dengan Indonesia diperkirakan sebagai salah satu wilayah pusat kekayaan Begonia khususnya di kawasan Asia tenggara yang saat ini memiliki sebanyak 243 jenis. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring semakin banyaknya kawasan-kawasan hutan jadi sasaran jelajah di berbagai wilayah di Indonesia.

“Upaya konservasi dan pengungkapan jenis-jenis baru Begonia secara aktif dilakukan oleh BRIN dan saat ini telah berhasil melakukan konservasi terhadap lebih dari 100 jenis Begonia yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia,” ungkap Wisnu.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker