Ali Ibrahim Ingin Limbah Batu Bara PLTU Tidore Dijadikan Bahan Campuran Pembangunan Jalan

Abadikini.com, TIDORE – Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim menginginkan agar pemanfaatan FABA atau sisa pembakaran batu bara di PLTU Tidore dapat digunakan sebagai bahan campuran pembangunan jalan.

Keinginan Wali Kota dua periode itu lantaran terdapat sejumlah jalan di Kota Tidore Kepulauan mulai rusak parah seperti jalan di wilayah Oba Selatan.

“Mengingat jalan di Oba Selatan sering rusak akibat hujan, sehingga saya ingin FABA ini bisa digunakan sebagai campuran untuk pembangunan jalan,” pinta Wali Kota, pada Kamis (10/12/2021).

Dirinya berkeinginan untuk dilakukan uji coba pembangunan jalan di wilayah Oba Selatan dengan menggunakan FABA sepanjang 100 meter terlebih dahulu.

“Dilakukan uji coba dulu sepanjang 100 meter, karena FABA ini kena hujan semakin keras,” kata Ali Ibrahim pada acara penyerahan bantuan pemanfaatan FABA PLTU Tidore untuk pembuatan Batako dan Paving Block.

Sementara itu, Hastony Indra Pranata Pejabat Pelaksana Lingkungan PLN UPK Maluku mengatakan akan menindaklanjuti apa yang menjadi keinginan Wali Kota Tidore kepulauan, hanya saja dalam uji coba penggunaan FABA tersebut harus ada kerjasama antara pihak PLTU dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

“Bisa dilakukan uji coba pemanfaatan FABA di jalan Oba Selatan, tapi harus ada kerjaan dari pemerintah kota, nanti kita Tinjau dulu lokasinya,” kata Hastony.

Hastony juga menambahkan, terkait dengan penggunaan FABA atau sisa pembakaran batu bara itu sudah dilakukan uji coba di laboratorium Universitas Khairun Ternate, dan dinyatakan layak digunakan untuk pembangunan pagar maupun dinding rumah.

“Kami sudah uji coba di laboratorium Universitas Khairun Ternate, dan bisa digunakan sebagai bahan bangunan seperti dinding rumah maupun pagar,” tukasnya.

Untuk diketahui FABA atau sisa pembakaran batu bara sendiri masuk dalam kategori limba non-B3 atau tidak berancun, kebutuhan batu bara di PLTU Tidore dengan daya terpasang 2 X 7 MW sebanyak 390 ton per hari atau 99.587 ton per tahun.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker