Pintu Geser Bermasalah, Ribuan Kia Carnival Direcall

Abadikini.com, JAKARTA – Kia Motors Corporation melakukan recall terhadap Kia Carnival di Amerika Serikat. Recall ini terkait dengan masalah pada pintu geser.

Hampir 3.000 unit produksi 28 Juli 2021 hingga14 Oktober 2021 telah direcall atau ditarik kembali untuk diperbaiki.

Produsen otomotif multinasional asal Korea itu menjelaskan ada bagian plastik tertentu di dalam aktuator pelepas pintu geser secara elektronik diproduksi di luar spesifikasi oleh pemasok komponen.

“Akibatnya gerendel menempel tetapi dalam posisi terbuka, ini menyebabkan pintu geser tidak terkunci dengan benar. Meskipun pintu biasa mungkin tetap tertutup tanpa terkait, pintu geser tidak seperti itu. Pintu geser bisa selalu terbuka tiba-tiba, ini bisa berbahaya,” jelas Kia.

Saat pintu geser bisa terbuka atau tak tertutup benar, Kia menjelaskan ada empat peringatan yang bunyi ketika mobil berhenti. Apabila sopir mengabaikan peringatan dan berkendara di atas 9,5 km per jam, peringatan terus bunyi dan indikator pada instrument cluster tetap menyala.

Peringatan itu tidak menyelesaikan masalah, namun dapat membantu pengemudi dan penumpang terhindar dari risiko masalah recall.

Menurut Kia, konsumen yang terdeteksi masalah ini akan dihubungi dealer pada 16 Desember kemudian diinstruksikan mengunjungi bengkel resmi buat mendapat perbaikan. Total jumlah Carnival yang terlibat sejauh ini sebanyak 2.956 unit.

Sebelum Carnival mengalami masalah pintu geser, sebanyak 2.744 unit model ini juga pernah jadi objek recall di AS karena masalah selang bahan bakar yang rusak

Recall Carnival belum diketahui menjalar sampai Indonesia. Carnival baru saja diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show pada bulan lalu untuk menggantikan Sedona.

“Kita belum ada informasi dari prinsipal mengenai unit yang di sini, jadi enggak bisa kasih komentar lebih lanjut,” ucap Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head Kreta Indo Artha (KIA) saat dihubungi.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker