6 Macam – Macam Permainan Bola Besar Beserta Penjelasannya

Abadikini.com – Macam – macam permainan bola besar wajib diketahui untuk Anda yang mencintai olahraga. Pasalnya ternyata ada banyak sekali jenis permainan bola besar yang tentunya bisa dimainkan oleh teman-teman.

Sesuai namanya, permainan bola besar merupakan olahraga yang menggunakan bola dengan ukuran yang amat besar. Pada umumnya permainan bola besar yang diketahui orang-orang adalah sepakbola, basket, dan voli.

Kendati begitu, sebenarnya ada banyak sekali olahraga yang masuk ke dalam kategori permainan bola besar. Penasaran? Tim Abadikini.com akan coba memberikan sejumlah contoh macam-macam permainan bola besar.

Berikut Macam-Macam Permainan Bola Besar:

1. Sepakbola
Sepakbola adalah jenis permainan bola besar yang mungkin paling digemari di dunia. Permainan tersebut menggunakan bola dengan ukuran diameter rata-ratanya 68-71 cm. Dalam bermain sepakbola, dibutuhkan lapangan yang besar dan tentunya 22 pemain yang terbagi menjadi dua tim. Tim yang paling banyak menjebol gawang lawan, maka tim tersebut yang menang.

2. Bola Voli
Sama seperti sepakbola, voli juga permainan yang dilakukan dengan dua tim yang saling bertanding. Bedanya voli harus menggunakan net untuk membagi wilayah masing-masing. Bola yang digunakan di pertandingan voli biasanya mencapai diameter 65-67 cm dengan berat kurang lebih 260-280 gram. Untuk menentukan pemenangnya, tim harus mencapai poin 25 di satu babak dan biasanya berlangsung secara tiga sampai lima babak

3. Bola Basket
Basket adalah permainan yang unik karena kedua tim harus memakai kedua tangan mereka untuk mengalirkan bola ke pemain lain hingga akhirnya memasukkan ke dalam ring lawan. Bola yang dipakai di permainan basket pun sangatlah besar bila dibandingkan permainan laiannya. Setidaknya ukuran bola basket berdiameter 74-75 cm dengan berat mencapai 624 gram.

4. Futsal
Futsal adalah versi mini dari sepakbola. Jika sepakbola membutuhkan lapangan yang besar dan 22 pemain yang berada di lapangan, maka futsal tak terlalu membutuhkan area bermain yang luas dan cukup dengan 10 pemain yang terbagi menjadi dua tim. Bola yang dipakai futsal pun tidak terlalu besar seperti sepakbola pada umumnya. Diameter bola yang digunakan di futsal kira-kira 62-64 cm dan dengan berat 400-440 gram.

5. Rugbi
Rugbi adalah olahraga yang memiliki bentuk bola yang tidak bulat alias lonjong atau oval. Olahraga yang populer di Australia dan Selandia Baru itu memiliki tujuan mengantarkan bola sampai ke wilayah akhir lawan. Standarnya bola rugbi memiliki panjang 280-330 mm, dengan lingkar panjang 740-770 mm, dan lingkar lebar 580-620 mm.

6. Sepak Takraw
Sepak takraw adalah permainan bola besar yang seperti menggabungkan voli dan sepakbola. Pasalnya dalam permainan itu harus menggunakan kaki dan harus mencetak angka dengan memasukkan bola ke wilayah lawan. Dikatakan mirip voli karena ada net dan peraturan tak boleh menyentuh wilayah sendiri agar bisa menang.

Bola yang digunakan pun terbuat dari anyaman rotan karena berdasarkan namanya yang berarti sepak adalah menendang dalam bahasa Melayu serta takraw yang dari bahasa Thailand berarti bola rotan. Untuk membuat bola sepak takraw, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Seperti harus memiliki 12 lubang dan 9-11 anyaman serta memiliki lingkar 42-44 cm untuk putra dan 43-45 cm untuk putri.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker