Ali Ibrahim Apresiasi Rizky dan Balqis Tampilkan Tarian Khas Tidore di Dubai

Abadikini.com, TIDORE – Nama Indonesia kembali harum di kancah internasional. Kali ini melalui tarian tradisional Soya-Soya dari Tidore Kepulauan, Maluku Utara yang dibawakan oleh M Rizky Ibrahim dan Putri Balqis.

Mereka tampil di Dubai, Uni Emirat Arab, dalam International Expo 2020 pada opening National Day Indonesia.
Gelaran tersebut berlangsung di Al Wasl Plaza Dubai, Kamis (4/11) waktu setempat. Pentas kebudayaan tersebut juga dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Keduanya bisa menari di Dubai setelah mengikuti workshop tari yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tidore Kepulauan. Rizky dan Balqis juga pernah mengikuti workshop persiapan Sail Tidore.

Wali Kota Tidore Kepulauan Capten Ali Ibrahim mengapreasiasi tekad kuat yang dimiliki Rizky dan Balqis hingga bisa membawa nama Tidore di kancah internasional melalui tarian.

“Sudah pasti kami bangga ke adik kita ini Rizky dan Balqis karena nama Tidore terkenal di kancah internasional lewat tarian Soya-Soya yang mereka bawakan. Semoga spirit mereka terus terjaga,” kata Ali Ibrahim dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/11/2021).

Ali menambahkan, Pemkot lewat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tidore Kepulauan senantiasa aktif dalam membina generasi muda untuk mengembangkan seni dan budaya, salah satunya tari.

Menurutnya, tarian tradisional itu harus dikembangkan dan dilestarikan oleh kaum milenial agar warisan budaya daerah tidak dilupakan.

“Banyak tari-tarian di Malut, khususnya Tidore yang harus dilestarikan dan diperkenalkan, tujuannya agar tarian daerah tidak punah oleh tarian-tarian modern,” jelasnya.

“Saya harap Rizky dan Balqis lebih percaya diri untuk bisa berkarya dan eksplorasi seni dan budaya Tidore dengan penuh kreatif untuk memperkaya dunia seni pertunjukan Tidore ke berbagai panggung nasional maupun internasional,” lanjutnya.

Keberangkatan keduanya ke Dubai tak lepas dari tangan dingin dan mata jeli Eko Pece alias Eko Supriyanto, koreografer ternama Indonesia. Di Dubai, keduanya menampilkan tarian Soya-soya. Pendiri sanggar Folakatu Art, Isa Al Awwam H Usman, menyatakan Rizky dan Balqis memiliki bakat menari yang besar.

“Berangkat dari sana kemudian Eko Pece tertarik dan langsung memanggil mereka karena bakat yang dimiliki untuk tampil mewakili Ekos Dance Solo Company untuk tampil di Dubai,” tutur Isa.

Ia berharap dua anak didiknya itu tetap semangat berproses dalam berkesenian, dan belajar hal-hal baru dari pelajaran dan pengalaman yang didapat. Apalagi kesempatan yang mereka dapat jarang didapatkan pelaku seni lain di Malut.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker