Kecepatan Unduh Jaringan 4G Lebih Cepat dari Wifi

Abadikini.com, JAKARTA – Jaringan 4G ternyata memiliki kecepatan download atau unduh yang secara signifikan lebih baik dari pada Wifi bagi pengguna ponsel di seluruh Indonesia.

Hal ini terungkap dalam analisis terbaru perusahaan analitik mobile Open Signal. Pengalaman kecepatan unduhan rata-rata pada jaringan 4G secara nasional yang dirasakan oleh pengguna ponsel mencapai 15.1 Mbps atau 25% lebih cepat daripada kecepatan yang dimiliki oleh mayoritas Wifi (privat atau hotspot publik) dan dua kali lebih cepat daripada Mifi.

“Para pengguna kami memiliki pengalaman kecepatan yang tidak jauh berbeda antara Wifi publik dan Wifi privat, yakni di atas 12 Mbps,” tulis Open Signal dalam keterangan resmi, Sabtu (30/10/2021)

Di sisi lain, pengalaman pengguna pada Wifi dan 3G masing-masing hanya mencapai kecepatan rata-rata 6.8 Mbps dan 4.9 Mbps. Kecepatan yang terlalu lambat terlihat pada penggunaan 3G.
Sementara perangkat Wifi yang kerap disebut hotspot portabel, membagikan koneksi seluler menggunakan Wifi yang dapat diakses melalui satu atau lebih perangkat, termasuk ponsel pintar, PC, kamera, media player portabel, tablet, atau perangkat lainnya yang dapat menggunakan jaringan Wifi.

Maka dari itu, tidak mengejutkan apabila melihat kecepatan unduh rata-rata dari Wifi saat disambungkan melalui perangkat Mifi (6.8 Mbps) jatuh di rentang antara 3G (4.9 Mbps) dan 4G (15.1 Mbps).

Hal tersebut semakin memperjelas akan pentingnya melanjutkan ekspansi untuk memperbesar Jangkauan 4G di seluruh Indonesia.

Di Indonesia, lanjut Open Signal, sebagian besar penduduk masih mengandalkan teknologi jaringan 3G yang lama dan para pengguna tersebut dapat merasakan manfaat besar jika mengubah jaringannya menjadi 4G.

Apabila operator dapat memberikan penawaran pengalaman mobile atau seluler terbaik, seharusnya mereka dapat mempercepat penyebaran layanan 4G dan memungkinkan untuk menggunakan kembali spektrum 3G yang lama ke layanan yang lebih modern, seperti 4G atau 5G, sebagai teknologi yang memberikan efisiensi lebih dan dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengakses jaringan.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker