Pengamat: Kilatan Cahaya 15 Oktober Kemungkinan Asteroid Hantam Yupiter

Abadikini.com, JAKARTA РSebuah kilatan cahaya di atmosfer belahan bumi utara planet berhasil  direkam oleh seorang pengamat langit di Jepang. Menurutnya kilatan cahaya itu kemungkinan disebabkan oleh asteroid yang menabrak Jupiter.

Peristiwa yang terjadi pada 15 Oktober lalu itu kemudian diunggah dalam bentuk video di akun Twitter @yotsuyubi21.

Ia mengatakan peristiwa itu diambil dengan teleskop Celestron C6 “Blitz terasa seperti bersinar untuk waktu yang sangat lama bagi saya,” ujarnya, dikutip dari lamam Space, Selasa (26/10/2021)

Kejadian ini lalu dikonfirmasi oleh tim yang dipimpin Ko Arimatsu, seorang astronom di Universitas Kyoto Jepang yang mengambil bagian dalam proyek Organized Autotelescopes for Serendipitous Event Survey (OASES).

Menurut tweet yang diposting oleh proyek tersebut, pengamatan itu mencakup dua jenis cahaya yang berbeda, terlihat dan inframerah, yang memberi Jupiter cahaya merah muda yang mengerikan.

Planet Jupiter sendiri secara teratur mengalami dampak seperti itu karena tarikan gravitasi yang kuat terkait dengan massanya. Objek yang lebih kecil, seperti asteroid yang mengotori tata surya, dapat dengan mudah ditarik ke atmosfer planet yang tebal dan bergejolak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa benda-benda seukuran 45 meter menabrak Jupiter setiap beberapa bulan. Namun karena sering ada kendala pengamatan, program pemantauan yang paling menyeluruh mungkin hanya dapat menangkap satu dampak atau lebih per tahun.

Menurut Sky & Telescope, kilatan cahaya 15 Oktober itu menghantam Zona Tropis Utara planet ini, tepat ada di dekat tepi selatan Sabuk Beriklim Utara. Pengamat belum yakin apakah dampak tersebut meninggalkan puing yang dapat dipantau oleh para ilmuwan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker