Perseverance Kirim Gambar Terbaru Buktikan Pernah Ada Air di Mars

Abadikini.com, JAKARTA – Robot penjelajah Mars, Perseverance baru saja mengirimkan gambar terbarunya. Gambar tersebut menunjukkan bahwa pernah ada air di Mars.

Dikutip dari The Guardian, Sabtu (9/10/2021) gambar terbaru itu memberikan petunjuk yang akan memandu pencarian bukti kehidupan purba di Mars. Februari lalu, rover Perseverance mendarat di Kawah Jezero yang diduga para ilmuwan sebagai danau dan sungai yang sudah lama hilang.

Sungai ini diyakini pernah mengaliri danau di sekitarnya, dan menyimpan sedimen di delta yang terlihat berbentuk seperti kipas dari luar angkasa.

Studi kali ini menganalisis gambar resolusi tinggi yang ditangkap oleh Perseverance dari tebing yang dulunya tepi delta. Lapisan di dalam tebing mengungkapkan bagaimana pembentukannya terjadi.

Ahli astrobiologi NASA Amy Williams dan timnya di Florida, Amerika Serikat (AS), menemukan kesamaan antara fitur tebing yang terlihat dari dasar kawah dan pola di delta sungai di Bumi.

Bentuk tiga lapisan bawah menunjukkan keberadaan dan aliran air yang stabil sejak awal. Hal ini menunjukkan Mars dulunya cukup hangat dan lembab untuk mendukung siklus hidrologi sekitar 3,7 miliar tahun yang lalu.

“Mengetahui bahwa Mars mungkin pernah menyimpan kehidupan akan menjadi salah satu penemuan paling mendalam yang pernah dibuat oleh umat manusia,” ujar Williams.

Dia juga mengungkapkan ketakjubannya karena merasa beruntung bisa memiliki pengetahuan mengenai sistem sungai kuno di planet lain. “Ini benar-benar membuka mata untuk melihat sesuatu yang belum pernah dilihat siapa pun di Bumi sebelumnya,” ungkapnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker